Token Optimism (OP) Anjlok Setelah Airdrop Dadakan!

Anggita Hutami

10th February, 2023

Optimism Network (OP) melakukan airdrop kejutan pada Kamis (9/2). Sebanyak 11,7 juta OP dibagikan ke lebih dari 300.000 wallet. Tak lama setelah kejutan itu token OP terpantau turun, data dari Coingecko menunjukan pada (10/2) pukul 15.20 WIB harga token OP diperdagangkan di level US$2,45, turun 8,4% dalam 24 jam terakhir.

Harga token OP. Sumber: Coingecko
Harga token OP. Sumber: Coingecko

Penurunan harga setelah airdrop bukan merupakan hal aneh dalam dunia kripto, sebab bagi pengguna yang mendapatkannya cenderung menjual token gratis itu untuk mendapatkan keuntungan segera.

Walau terjadi penurunan harga, token Optimism ini telah hampir 92,2% dalam satu bulan terakhir dan berhasil raih harga tertinggi pada 3 Februari 2023 di angka US$2,37.

Baca Juga: Token Optimism Melonjak 41,4% Setelah Usulan Upgrade Bedrock

OP Luncurkan Airdrop #2 Untuk Menyaingi Arbitrum

Melalui airdrop keduanya ini, OP berinisiatif untuk mendistribusikan 19% dari pasokan token tata kelola awalnya karena blockchain sedang mengupayakan adopsi yang lebih luas. Sebelumnya, pada airdrop pertama, OP mendistribusikan 5% atau sebanyak 200 juta token dari pasokan token tata kelolanya.

Airdrop ini dirancang untuk memberi penghargaan kepada pengguna yang berbagi nilai-nilai ini dan telah menggunakan token OP mereka dalam tiga musim pertama tata kelola Token House dengan mendelegasikan,” menurut pernyataan situs.

Airdrop kejutan ini berjalan relatif lancar, tidak seperti airdrop pertama Optimism pada Juli 2022, yang mana pengguna harus mengklaim jatah mereka secara manual. Dalam airdrop kedua, distribusinya dilakukan secara otomatis.

Diluncurkannya airdrop kedua ini juga bagian dari upaya OP mengungguli pesaing terbesarnya, Arbitrum, lapisan Ethereum 2 lainnya meskipun satu tanpa token.

Abritrum saat ini menawarkan lebih dari dua kali lipat jumlah wallet yang bertransaksi sebagai OP. Ini memperlebar kesenjangan antara dua wallet transaksi bursa selama sebulan terakhir.

Adapun Airdrop kedua OP telah dibagikan kepada:

  • Alamat yang telah mendelegasikan hak suara token OP mereka.
  • Alamat yang menghabiskan lebih dari $6,10 untuk gas L2 sejak 25 Maret 2022 (biaya rata-rata transaksi di Ethereum L1)
  • Dokumentasi airdrop kedua OP dapat dilihat di sini

Baca juga: 5 Aset Kripto Teknologi AI Potensial 2023

Anggita Hutami

Menekuni bidang jurnalistik sejak 2017. Fokus pada isu investasi keuangan, ekonomi, dan kebijakan publik.

Menekuni bidang jurnalistik sejak 2017. Fokus pada isu investasi keuangan, ekonomi, dan kebijakan publik.