Exchange Kripto LocalBitcoins Tutup Setelah 10 Tahun Beroperasi

Anggita Hutami

10th February, 2023

Platform perdagangan aset kripto legendaris LocalBitcoins yang sudah beroperasi selama 10 tahun mengumumkan akan berhenti beroperasi.

Berdasarkan pengumuman yang dipublikasikan, LocalBitcoins (9/2) akan tutup dalam beberapa minggu mendatang, dengan alasan kondisi pasar yang tidak menguntungkan.

Pendaftaran pengguna akan ditangguhkan mulai 9 Februari 2023. Perdagangan serta setoran akan dihentikan pada 16 Februari. Setelah 17 Februari, pengguna hanya akan dapat menarik dana, dengan rentang waktu 12 bulan untuk melakukannya.

Dalam sebuah posting di situs webnya, perusahaan mengungkapkan salam perpisahannya kepada para pengguna setia setelah 10 tahun beroperasi.

Terlepas dari upaya kami untuk mengatasi tantangan selama musim dingin kripto yang sedang berlangsung, kami dengan menyesal menyimpulkan bahwa LocalBitcoins tidak dapat lagi menyediakan layanan perdagangan bitcoinnya,” ungkap situs tersebut.

Pengguna LocalBitcoins Mulai Menurun pada 2020

Diberitakan oleh Forbes, pada 2020 perdagangan pada bursa LocalBitcoins sudah mengalami penurunan transaksi sejak exchange tersebut dilaporkan melakukan penangguhan akun pengguna tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Dilansir Forbes, volume perdagangan exchange legendaris itu terus menurun pada Februari 2021, dengan rata-rata perdagangan lebih dari US$40 juta seminggu.

Padahal, menurut data Coindance , pada tahun 2017, LocalBitcoins sempat memproses perdagangan senilai sekitar US$100 juta setiap minggu, tetapi dalam empat bulan terakhir di 2023. Angka itu turun ke kisaran US$5,5-US$7,5 juta.

Tersangkut Kasus Pencucian Uang Bizlato

Departemen Keuangan AS menemukan fakta bahwa bursa LocalBitcoins dilaporkan memiliki riwayat transaksi dengan Bitzlato, platform yang berbasis di Hong Kong. Bitzlato daiduga terlibat dalam kasus pencucian uang.

Baca Juga: Harga Bitcoin Koreksi, Ini Dugaan Pemicunya!

Rekam Jejak Bursa

LocalBitcoins berbasis di Helsinki dan didirikan pada tahun 2012. Tak seperti Coinbase atau Kraken, LocalBitcoins mengoperasikan layanan terdesentralisasi, mencocokkan pembeli dan penjual bitcoin, dengan koin disimpan di escrow sampai kedua belah pihak mengkonfirmasi transaksi.

Menurut situs resminya, LocalBitcoins memiliki sekitar 8 juta pelanggan di lebih dari 190 negara. LocalBitoins merupakan salah satu bursa yang didirikan pada masa awal kripto diperkenalkan.

Berdasarkan laporan LocalBitcoins padaJuni 2020, pertukaran ini sangat populer di Rusia, Venezuela dan Kolombia. Volume transaksi di negara-negara tersebut mendominasi 41% total volume transaksinya.

Baca juga: 5 Perusahaan Kripto yang Bangkrut di 2022

Anggita Hutami

Menekuni bidang jurnalistik sejak 2017. Fokus pada isu investasi keuangan, ekonomi, dan kebijakan publik.

Menekuni bidang jurnalistik sejak 2017. Fokus pada isu investasi keuangan, ekonomi, dan kebijakan publik.