55% Staking ETH sedang Rugi, Tekanan Jual Pasca Shanghai Diprediksi Terkendali

Anggita Hutami

10th April, 2023

Menurut analis Crypto Quant, ETH yang sedang di-staking tengah berada dalam posisi rugi. Diprediksi, staker tidak akan langsung menjual ETH setelah ditarik dari jaringan hingga mereka mendapatkan keuntungan.

Baca Juga: Shanghai Upgrade Ethereum Dijadwalkan 13 April 2023!

Staking ETH Alami Kerugian

Dalam tiga hari ke depan, pada tanggal 13 April 2023 pukul 05.27 WIB waktu Indonesia, Ethereum (ETH), akan menjalankan upgrade Shanghai. Setelah peningkatan tersebut selesai, validator dapat menarik ETH yang telah di-staking selama kurang lebih dua tahun.

Analis Crypto Quant mengungkapkan bahwa pihaknya meyakini tekanan jual pada Ethereum (ETH) dan mata uang kripto lain sejenis tidak akan naik signifikan.

Hal tersebut disebabkan, lebih dari 50% Ethereum yang di-staking sedang mengalami kerugian, karena harga rata-rata saat ETH dikunci masih lebih tinggi dibandingkan harga saat ini.

profit/loss staking ETH. Sumber: CryptoQuant.
Gambar profit/loss staking ETH. Sumber: CryptoQuant.

Menurut data Glassnode, harga rata-rata pembelian ETH yang di-staking berada di angka US$2.136, sedangkan harga ETH pada (10/4) sore berada di angka US$1.858.

harga rata-rata pembelian ETH untuk staking. Sumber: Glassnode.
Gambar harga rata-rata pembelian ETH untuk staking. Sumber: Glassnode.

“Kami percaya bahwa tekanan jual akan lebih rendah dari yang diperkirakan karena sebagian besar staking pool saat ini berada di dalam posisi rugi” ungkap analis Crypto Quant.

Protokol staking terbesar, Lido Finance, yang memegang sekitar 32% dari semua ETH yang di-staking, mengalami kerugian rata-rata hampir 20%.

Namun, saat ini Lido Finance telah memulihkan kerugiannya, yang diharapkan dapat mengurangi minat penjual untuk melikuidasi posisi mereka.

Sementara itu, peningkatan persentase ETH yang di-staking terus terjadi menjelang upgrade Shanghai mencapai lebih dari 14% total pasokan Ethereum saat ini.

Mekanisme Penarikan Staking ETH

Alasan lain yang membuat harga ETH diprediksi tidak anjlok setelah peningkatan ini adalah mekanisme penarikan tertentu yang diciptakan oleh tim pengembang Ethereum.

Ada dua jenis penarikan, yakni sebagian atau sepenuhnya. Ada batasan jumlah penarikan Ether dalam satu waktu untuk mencegah terjadinya kelebihan pasokan.

Menurut Ethereum Foundation, hanya 6 validator maksimum yang dapat menarik ETH setiap 6,4 menit. Jika kuota ini terpakai, per hari akan ada 1.350 validator yang dapat menarik ETH.

Jika seorang validator menarik seluruh jumlah ETH yang telah di-staking (32 ETH), artinya hanya akan ada minimal 43.200 ETH per hari yang ditarik, yang merupakan 0,27% dari total ETH yang di-staking di beacon chain.

Baca Juga: Jelang Upgrade Shapella Ethereum, Exchange Kripto Beri Imbauan!

Anggita Hutami

Menekuni bidang jurnalistik sejak 2017. Fokus pada isu investasi keuangan, ekonomi, dan kebijakan publik.

Menekuni bidang jurnalistik sejak 2017. Fokus pada isu investasi keuangan, ekonomi, dan kebijakan publik.