Rusia Batal Luncurkan Bursa Kripto Nasional, Prioritaskan Aturan Transaksi Lintas Batas

Anggita Hutami

1st June, 2023

Pemerintah Rusia membatalkan rencana peluncuran bursa kripto nasional setelah tidak mendapatkan dukungan dari Kementerian Keuangan.

Alih-alih meluncurkan bursa kripto nasional, pemerintah Rusia akan mengembangkan kerangka peraturan tentang mata uang digital secara komprehensif, termasuk dengan transaksi lintas batas dan aturan mining kripto.

Baca Juga: Rusia Beri Izin Pedagangan Crypto

Langkah tersebut diambil untuk mengurangi risiko terkait keamanan siber dan kekhawatiran atas dominasi pasar. Parlemen Rusia lebih memprioritaskan regulasi yang komprehensif sebelum memberi keleluasaan bagi industri.

Mayoritas anggota parlemen menyatakan bahwa meluncurkan bursa kripto nasional tanpa peraturan yang komprehensif adalah tindakan yang tidak bijaksana.

Baca Juga: Dampak Perang, Transaksi Crypto di Rusia Turun 50%

Oleh karena itu, pemerintah Rusia tidak akan meluncurkan bursa kripto sebelum adanya peraturan yang jelas. Regulasi mengenai kripto akan diatur oleh Bank Sentral Rusia bekerja sama dengan otoritas terkait seperti Kementerian Keuangan.

Tanggapan Pelaku Industri Rusia

Pelaku pasar mendukung langkah pemerintah Rusia untuk menunda bursa kripto nasional, namun mereka juga memberikan sejumlah saran bagi regulasi kripto di Rusia.

Ketika transaksi lintas batas diprioritaskan, Evgenia Burova, direktur komunikasi di pertukaran kripto Garantex pun mengharapkan pemerintah memberikan adanya aturan jelas yang mengontrol aktivitas pertukaran kripto.

“Transaksi harus transparan kepada pihak berwenang, dan platform harus stabil secara finansial dan dapat dipercaya dalam menangani dana klien,” katanya.

Burova menambahkan, saat ini nilai transaksi lintas batas sudah mencapai sekitar US$10 miliar per tahun. Potensi keuntungan dari transaksi lintas batas diperkirakan mencapai triliunan Rubel.

Sementara itu, Direktur Hubungan Pemerintah di BitRiver, Oleg Ogienko, mengusulkan agar otoritas memberikan lisensi laporan keuangan kepada platform kripto sebagai langkah dalam memerangi pencucian uang.

Selanjutnya, ia juga menyarankan persyaratan ketat terhadap pertukaran asing yang ingin beroperasi di Rusia, terutama terkait keamanan platform dan data pengguna. Ia juga berharap akan ada pembatasan volume perdagangan untuk mencegah manipulasi harga.

Anggita Hutami

Menekuni bidang jurnalistik sejak 2017. Fokus pada isu investasi keuangan, ekonomi, dan kebijakan publik.

Menekuni bidang jurnalistik sejak 2017. Fokus pada isu investasi keuangan, ekonomi, dan kebijakan publik.