Perusahaan Kripto Donasi 136 Miliar Rupiah untuk Gempa Turki

Anggita Hutami

8th February, 2023

Pelaku industri kripto menghimpun sumbangan untuk membantu korban gempa Turki dan Suriah. Senin pagi (6/2) waktu setempat, gempa bermagnitudo 7,8 mengguncang beberapa wilayah, antara lain Turki, Suriah, Lebanon, dan Israel. Bencana tersebut mengakibatkan lebih dari 7.000 korban jiwa dan 20.000 orang terluka.

Donasi Lebih dari 136 Miliar Rupiah

Beberapa perusahaan kripto, seperti Binance, Tether, Bitfinex, OKX, dan Kucoin menjanjikan sumbangan lebih dari 9 juta USD atau senilai dengan Rp136 miliar untuk korban gempa Turki.

Exchange kripto Bitfinex dalam postingan blog (6/2), juga turut memberikan donasi kolektif bersama dengan Keet, Synonym, Tether, sebesar 5 juta TRY atau sekitar 4 milar Rupiah.

Founder Tron, Justin Sun pun menjanjikan akan memberi sumbangan US$1 juta TRX dari exchange kripto Huobi Global.

Serangkaian upaya tersebut dilakukan guna menunjukkan solidaritas kemanusiaan dari kalangan komunitas kripto dan Web3.

Binance Bagikan Airdrop Bagi Pengguna di Wilayah Bencana

CEO Binance, Changpeng Zhao mengatakan, Binance akan membagikan airdrop sebesar $100 (1883 TRY) dalam BNB.

Proses mengidentifikasi pengguna yang memenuhi syarat akan melibatkan pemeriksaan pengiriman Proof of Address (POA) yang dibuat sebelum 6 Februari di 10 kota yang terkena dampak gempa: Adana, Adıyaman, Diyarbakır, Gaziantep, Hatay, Kahramanmaraş, Kilis, Malatya, Şanlıurfa, dan Osmaniye. Secara total Binance akan mengalokasikan 5 juta USD sekitar 75 miliar Rupiah.

“Gempa bumi baru-baru ini di Turki memiliki dampak yang disruptif pada banyak orang dan komunitas. Kami berharap upaya kami membawa bantuan bagi mereka yang terkena dampak. Kami juga meminta rekan-rekan industri kami untuk sekali lagi berkumpul dan menawarkan dukungan di masa krisis ini,” kata CEO Binance Changpeng Zhao dalam siaran pers.

Avalanche Donasikan $1 Juta Token

Mengikuti jejak perusahaan kripto lainnya, Avalance telah memberikan dukungan kemanusiaan bagi korban terdampak gempa Turki. Pihaknya memberikan $1 juta token AVAX yang bernilai sekitar Rp15 miliar.

Turki dekat dengan jantung Avalanche Foundation dan komunitas. Dana tersebut akan membantu orang pulih lebih cepat setelah tragedi ini,” ungkap Direktur Eksekutif Avalanche Foundation, Aytunc Yıldızlı, kepada Decrypt melalui email.

Bukan Pertama Kali Donasi dalam Kripto

Sumbangan dalam bentuk kripto bukan pertama kalinya dilakukan, Sebelumnya, dilaporkan oleh Decrypt, sebanyak $400.000 disumbangkan untuk membantu konflik yang terjadi di Ukraina.

Menurut laporan perusahaan analitik Ellitik, kelompok pro-Ukraina telah menerima lebih dari $4 juta dalam bentuk mata uang kripto sejak Rusia menginvasi Rabu (2/2/22).

Anggita Hutami

Menekuni bidang jurnalistik sejak 2017. Fokus pada isu investasi keuangan, ekonomi, dan kebijakan publik.

Menekuni bidang jurnalistik sejak 2017. Fokus pada isu investasi keuangan, ekonomi, dan kebijakan publik.