Pembaruan Jaringan Solana Dijadwalkan Akhir Mei 2024

Ary Palguna

25th April, 2024

Solana sedang bersiap untuk pembaruan jaringan signifikan yang akan dirilis pada 27 Mei 2024 untuk mainnet beta mereka. Versi baru ini, yakni v1.18 sangat penting dalam menangani masalah kemacetan yang sedang berlangsung di jaringan.

Jaringan Solana Versi 1.18 Rilis Akhir Mei

Masalah kemacetan di Solana telah memburuk belakangan ini karena meningkatnya transaksi dan penggunaan bot yang di-spam untuk mendapatkan transaksi yang berhasil, menyebabkan lonjakan kegagalan transaksi.

Tim developer Solana telah secara aktif menerapkan serangkaian pembaruan yang dirancang untuk meningkatkan kinerja jaringan sebagai respons terhadap tantangan ini.

Terutama, pada 13 April 2024, bekerja sama dengan Anza, pengembang infrastruktur utama, mereka memperkenalkan versi 1.18.11 di devnet. Para validator saat ini sedang menguji v1.18.

solana
Gambar: Rundown jadwal pengembangan v1.18. Sumber: Github.

Validator memainkan peran penting dalam ekosistem blockchain. Mereka mengonfirmasi transaksi dan membantu mengamankan jaringan, membuat masukan mereka menjadi penting untuk keberhasilan pembaruan baru ini.

Masukan dari fase pengujian ini akan sangat penting dalam memastikan keberhasilan peluncuran mainnet-beta yang akan datang.

Berdasarkan jadwal yang terlampir di laman Github, Versi 1.18 akan resmi diluncurkan pada 27 Mei 2024. Versi ini diharapkan dapat mengatasi kemacetan di jaringan Solana.

Baca juga: Solana Rilis Pembaruan untuk Atasi Masalah Kemacetan Jaringan

Ary Palguna

Lulusan Matematika ITB yang menggemari kripto sejak 2017. Sedang fokus dalam riset ekonomi makro dan kripto beserta teknologinya.

Lulusan Matematika ITB yang menggemari kripto sejak 2017. Sedang fokus dalam riset ekonomi makro dan kripto beserta teknologinya.