Penarikan ETH Tembus Satu Juta dalam 4 Hari Pasca Shanghai Upgrade

Anggita Hutami

18th April, 2023

Penarikan Ethereum (ETH) mencapai lebih dari satu juta keping dalam empat hari pasca upgrade Shanghai diluncurkan. Selain itu, prediksi yang mengatakan bahwa ETH akan mengalami bearish dipatahkan oleh aksi harga ETH yang sempat berada di angka US$2.100, tertinggi dalam 11 bulan terakhir.

Baca Juga: Shapella Upgrade Sukses, Ini Langkah Ethereum Selanjutnya

Data Beaconchain

Menurut data Beaconcha.in pukul 10.21 WIB pada 18 April 2023, sebanyak 1.064.137 ETH telah sukses ditarik dari platform. Adapun, 574.509 permintaan penarikan sedang diproses. Jumlah penarikan terbanyak dilakukan pada 15 April, yaitu dua hari setelah upgrade Shanghai diluncurkan.

Gambar penarikan ETH pasca Shanghai Upgrade. Sumber: Beaconcha.in

Banyak validator memutuskan untuk mengambil keuntungan dan membuka kembali akses ke aset mereka setelah memenuhi persyaratan penahanan (bonding) yang ditetapkan.

Data Lookonchain

Berdasarkan data dari Lookonchain, ada tiga wallet address dengan lebih dari 19.884 ETH ditarik. Namun, tak lama kemudian ETH tersebut segera di-staking kembali.

Kemudian, tiga wallet address lain mengirim 71,444 ETH ke pertukaran kripto terpusat, yang kemungkinan akan dijual kembali.

Data Lookonchain juga mencatat adanya penarikan sebesar 50.956 ETH dan setoran lebih dari 5.000 ETH pada alamat staking ETH Huobi.

Sementara itu, ada 45.000 ETH yang masih tersimpan di dompet dengan alamat “0x08De” yang diduga memiliki niat untuk menjual kepemilikannya pada saat ini.

Prediksi Bearish Dipatahkan

Beberapa analis memprediksi upgrade Shanghai berpotensi membuat penarikan ETH melonjak dan membuat harga jatuh. Namun, pada 17 April, harga ETH justru mencapai level tertingginya dalam 11 bulan terakhir.

Menurut Coinmarketcap (17/4), Ethereum (ETH) sempat diperdagangkan pada harga US$2.127. Saat ini, ETH kembali koreksi tipis di harga US$2.080.

Upgrade Shanghai memberikan dorongan bullish untuk harga ETH. Sebab, beberapa pengguna memilih untuk mengembalikan ETH yang telah ditarik atau mengirimkannya ke bursa untuk mengambil peluang di pasar lain.

Baca Juga: Pasca Shanghai: Harga ETH Melonjak, Staking di LSD Meningkat

Anggita Hutami

Menekuni bidang jurnalistik sejak 2017. Fokus pada isu investasi keuangan, ekonomi, dan kebijakan publik.

Menekuni bidang jurnalistik sejak 2017. Fokus pada isu investasi keuangan, ekonomi, dan kebijakan publik.