Token Optimism Melonjak 41,4% Setelah Usulan Upgrade Bedrock

Anggita Hutami

7th February, 2023

Pada Kamis (02/02/23), jaringan Optimism mengusulkan peningkatan mainnet untuk optimalisasi performa token tata kelolanya. Sejak proposal upgrade bedrock beredar, Coingecko (7/02/23) mencatat performa token OP melonjak 41,4% dalam sepekan.

Apa itu upgrade Bedrock?

Bedrock adalah arsitektur rollup yang dikembangkan oleh Optimism. Rollup memungkinkan batching dan penerbitan ratusan transaksi dalam satu blok mainnet.

Dengan kata lain, mereka mengompres banyak transaksi menjadi satu, mempercepat blockchain.

Apabila hasil voting menyetujui, upgrade Bedrock akan dijadwalkan 2 minggu setelah voting, yaitu pada 15 Maret, pukul 9:00 pagi PST.

Peningkatan ini menawarkan tingkat modularitas, kesederhanaan, dan kesetaraan Ethereum baru untuk solusi Layer 2, memberikan kinerja dan fungsionalitas yang belum pernah terjadi sebelumnya,” jelas proposal tersebut.

Developer memastikan proses upgrade tidak akan memengaruhi aktivitas sebagian besar pengguna karena mainnet saat ini sudah setara Ethereum Virtual Machine (EVM).

Namun, proses upgrade ini mungkin akan berdampak bagi pengguna maupun proyek yang menjalankan node penuh dan arsip, memanfaatkan setoran dan penarikan serta membuat asumsi tentang waktu blok di Optimism Mainnet.

Peningkatan Bedrock adalah langkah signifikan menuju masa depan multi-chain. Ini adalah kesempatan untuk kepemimpinan dalam ekosistem Ethereum.

Pendapat Analis Messari Soal Upgrade Ini

Analis Messari, Kunal Goel mengungkapkan pandangannya tentang upgrade ini melalui catatan penelian berjudul Optimism: A Glass Half Full.

Ia berpendapat, peningkatan Bedrock akan membantu Optimism meningkatkan biaya, kecepatan transaksi dan menciptakan fondasi perbaikan di masa depan.

Selain itu, upgrade ini akan membantunya berkompetisi dengan saingan utamanya, Arbitrum.

OP Labs mengharapkan Bedrock akan membuat optimisme menjadi rollup termurah di Ethereum,” kata Goel dalam catatan penelitian bulan lalu.

Analis sekaligus penulis Xord, Zainab Hasan mengharapkan peningkatan Bedrock dapat mengurangi waktu blok Optimism.

Dengan Bedrock, Optimism akan menjadi rollup berbasis EVM pertama yang memberikan jaminan keamanan tingkat Ethereum,” kata Hasan dalam analisis yang diterbitkan pada bulan Oktober.

Performa Token OP

Hari ini (7/02/23) pukul 11.52 WIB, data Coingecko menunjukkan, Optimism diperdagangkan di level harga US$2,99 dengan volume perdagangan US$738,71 juta dalam 24 jam terakhir.

Optimism berada di pasar hijau selama 17 hari dalam satu bulan terakhir. Jaringan ini mencapai ATH (3/02/23) dengan level harga US$3,22.

Token OP telah menguat hampir 200% dalam beberapa minggu terakhir, mengungguli bitcoin (BTC) dan eter (ETH) dengan selisih yang besar.

Baca Juga: TVL Naik 26%, DeFi Mulai Berangsur Pulih

Dua koin teratas Optimism masing-masing telah naik 44% dan 39%. Saingan Optimism, Arbitrum belum memiliki token aslinya.

Optimisme juga telah melampaui dalam hal persentase pertumbuhan total value locked (TVL) dalam ekosistem keuangan terdesentralisasi dalam 30 hari terakhir.

TVL Optmism. Sumber: DeFiLlama

Data dari DeFiLlama (7/02/23) menunjukkan, total nilai terkunci (TVL) dalam Optimisme telah meningkat lebih dari 55% menjadi $789 juta, sementara itu di Arbitrum telah naik 38,3% menjadi $1,3 miliar.

Salah satu narasi besar tahun 2023 terlihat seperti Layer 2 dan satu-satunya cara untuk mendapatkan eksposur langsung kepada mereka saat ini adalah melalui token OP,” kata Conor Ryder, analis riset di penyedia data kripto Kaiko yang berbasis di Paris.

Adopsi layer dua dimulai tahun 2022. Arbitrum dan Optimism mengalami pertumbuhan yang stabil di basis pengguna meskipun pasar yang lebih luas pingsan. Partisipasi pengguna aktif pada Optimisme melampaui Arbitrum pada akhir Desember.

Baca Juga: Arbitrum dan Optimism Salip Jumlah Transaksi Harian Ethereum

 

Anggita Hutami

Menekuni bidang jurnalistik sejak 2017. Fokus pada isu investasi keuangan, ekonomi, dan kebijakan publik.

Menekuni bidang jurnalistik sejak 2017. Fokus pada isu investasi keuangan, ekonomi, dan kebijakan publik.