Hati-hati Kripto Bikin Adiksi, Ini Kisah Korbannya!

Anggita Hutami

7th February, 2023

Pusat rehabilitasi di Spanyol, The Balance, menjadi destinasi penyembuhan psikologis bagi para trader yang kecanduan kripto dan mengalami kecemasan berlebih.

Tingkat volatilitas yang tinggi pada pasar kripto seringkali membuat psikologis trader terganggu. Ini membuat banyak tempat rehabilitasi mewah bermunculan, menjanjikan dapat mengobati kecanduan kripto.

Dilaporkan oleh BBC, pusat rehabilitasi yang ditemukannya menawarkan penanganan untuk kecanduan secara umum, seperti narkotika, alkohol, dan gangguan makan.

Tetapi, belakangan ini pusat rehabilitasi menerima ratusan pertanyaan mengenai kecanduan kripto, dalam 2 tahun terakhir.

Baca Juga: Cara Menyusun Portofolio Crypto Dengan Tepat

Keluhan Pemain Kripto

Kisah Don (Cemas Saat Tak Terkoneksi Internet)

Seorang pemain kripto membagikan kisahnya pada BBC, sebut saja Don (nama samaran). Don bekerja di perusahaan yang memproses transaksi mata uang digital bank sentral (CBDC). Ia telah mendedikasikan uang hingga US$200.000 setiap minggunya pada bursa.

Don memiliki kecemasan ketika berada dalam kondisi tanpa akses internet, sebab tak bisa memeriksa aset portofolionya.

Saya akan berkeringat sebelum melakukan penerbangan jarak jauh, karena saya tidak akan dapat mengakses internet,” katanya.

Saat kondisi psikologisnya berada di level downward spiral secara terus-menerus, Don memutuskan untuk mencari bantuan. Ia datang ke The balance, sebuah pusat rehabilitasi yang berbasis di Pulau Majorca, Spanyol.

Penanganan yang didapatkan terdiri dari terapi,pijat, yoga, dan bersepeda, semuanya dengan tagihan lebih dari US$75.000.

Kisah Jane (Hubungan Asmara Terganggu)

Jane (nama samaran), warga London berusia 32 tahun. Ia mengatakan akan melakukan trading bender selama 3-4 hari. Kesibukan ini membuat pasangannya berpikir bahwa ia selingkuh.

Fakta bahwa saya tidak bisa mengatakan kepadanya apa yang sebenarnya saya lakukan membuatnya lebih buruk. Meskipun kebenaran sudah keluar sekarang, hubungan kami tidak pernah sepenuhnya sembuh.”

Jane membeli kripto pada tahun 2014, awalnya hanya menginvestasikan beberapa ribu, tetapi pada akhirnya ia mengeluarkan ratusan ribu pada satu perdagangan.

Akhirnya, ia mencari bantuan dari Paracelsus Recovery, program penyembuhan kecanduan kripto berkisar dari empat hingga enam minggu, dengan biaya mingguan US$104.000 (£85.000). Sesi terapi online berharga US$650 per jam.

Penanganan meliputi tes darah, rencana diet yang disesuaikan, yoga, akupunktur, dan pengobatan jika diperlukan.

Kisah Keith (Ketergantungan Obat Tidur)

Keith (nama samaran), memutuskan pergi ke Paracelsus Recovery karena ketergantungan pada obat tidur, tetapi kemudian ditemukan akar masalahnya adalah kecanduan kripto.

Pria berusia 51 tahun itu mengatakan dia mulai kecanduan perdagangan kripto selama lockdown Covid-19.

Baru ketika anak-anak saya datang untuk tinggal bersama saya selama Natal, saya menyadari betapa tidak menantunya saya. Saya memusuhi mereka, dan mereka khawatir saya tidur berhari-hari. Namun, sementara itu, tidak ada dari kami yang mengira perdagangan saya adalah bagian dari masalah,” ungkap Keith.

Tanggapan Ahli

Pecandu kripto sering membutuhkan bantuan untuk menetapkan batasan kapan mulai memantau, kapan harus berhenti.

Terapis membantu menetapkan batasan seperti itu, kata Abdullah Boulad, chief executive officer dan pendiri The Balance.

Batasan yang dimaksud seperti, batasan stop-loss, batasan memosisikan aset pada harga tertentu, dan lainnya. Boulad tidak mengharuskan mereka untuk sepenuhnya menjauhi gawai mereka.

“Ini adalah penyakit biopsikososial sehingga memerlukan intervensi biopsikososial: obat-obatan dalam beberapa kasus, psikoterapi individu dan kelompok, mengubah kebiasaan dan lingkungan, (atau) menerapkan kegiatan penggantian yang lebih sehat,” jelas Anna.

Profesor psikiatri di Universitas Stanford, Anna Lembke mengatakan bahwa perawatan bagi pecandu kripto sama seperti masalah kecanduan umum lainnya.

“Tidak ada perdagangan atau tampilan kripto setidaknya selama empat minggu, yang memberi otak kesempatan untuk mengatur ulang pikiran. Gejala penolakan biasanya terbatas waktu dan dapat dikelola dengan dukungan emosional dan kepastian bahwa mereka pada akhirnya akan hilang,” jelas Anna.

Tapi, dia menambahkan, penanganannya tak harus selalu dengan kemewahan dan biaya yang besar. Kecanduan kripto mirip dengan kecanduan perjudian dan harus diperlakukan seperti itu.

Pendapat ini selaras dengan tanggapan yang diberikan oleh direktur pusat studi perjudian Rutgers School of Social Work, Lia Nower.

“Mereka menghasilkan uang dari orang-orang yang putus asa,” kata Lia Nower.

Tanda-tanda Kecanduan Kripto

Spesialis Aaron Sternlicht mengatakan, ada tanda-tanda seseorang kecanduan kripto, antara lain:

  • Bercerita bohong
  • Mencuri, berhutang
  • Menghadapi kesulitan bersantai atau tidur; memantau harga kripto setiap saat
  • Berdagang dengan mengorbankan hubungan, peluang karir, dan pendidikan.

Baca juga: Trading Crypto Bisa Pengaruhi Kesehatan Mental

Anggita Hutami

Menekuni bidang jurnalistik sejak 2017. Fokus pada isu investasi keuangan, ekonomi, dan kebijakan publik.

Menekuni bidang jurnalistik sejak 2017. Fokus pada isu investasi keuangan, ekonomi, dan kebijakan publik.