OpenSea Dukung ERC-721C untuk Standard Royalti

Ary Palguna

10th April, 2024

Platform perdagangan NFT OpenSea telah menambahkan dukungan untuk standard token ERC-721C yang memungkinkan kreator untuk menetapkan royalti.


Menurut pengumuman melalui blog pada tanggal 2 April 2024, kreator di OpenSea sekarang dapat menetapkan pendapatan melalui satu klik melalui ERC-721C.

Ditemukan oleh perusahaan game blockchain Limit Break, ERC-721C memecahkan masalah wash trading di NFT dengan memstandardisasi kondisi transfer token, seperti royalti, di semua saluran.

Sebelum penemuan ini, pengguna dengan mudah dapat menghindari komisi royalti kreator pada pasar sekunder, seperti OpenSea dan Blur, dengan mentransfer NFT melalui wallet self-custody atau bahkan exchange NFT lain yang tidak menghormati persyaratan royalti kreator.

Baca juga: Kewajiban Bayar Royalti ke Kreator NFT di OpenSea akan Dihapus!

Kompatibilitas untuk ERC-721C baru diaktifkan setelah upgrade Dencun pada 13 Maret 2024 di jaringan Ethereum.

“Jika Anda menetapkan pendapatan kreator sesuai dengan langkah-langkah di atas, penjualan hanya akan didukung di OpenSea dan bursa lain yang didukung oleh LimitBreak’s Payment Processor,” jelas Limit Break.

Setelah implementasi kontrak ERC-721C di OpenSea, pencipta masih dapat secara manual memasukkan NFT mereka di exchange lain, tetapi OpenSea juga akan menyamakan royalti terendah yang tersedia di platform lain yang ditetapkan oleh kreator.

Fitur ini juga kompatibel dengan Seaport 1.6 milik OpenSea, yang memprogram NFT untuk dijual hanya dalam kondisi tertentu, seperti metadata yang berubah sebagai tanggapan terhadap volume penjualan. Meskipun sebagian besar atas kebijakan pencipta, royalti NFT biasanya berkisar antara 2,5% hingga 10% per penjualan.

Baca juga: Marketplace NFT OpenSea Buka Potensi Diakuisisi

Ary Palguna

Lulusan Matematika ITB yang menggemari kripto sejak 2017. Sedang fokus dalam riset ekonomi makro dan kripto beserta teknologinya.

Lulusan Matematika ITB yang menggemari kripto sejak 2017. Sedang fokus dalam riset ekonomi makro dan kripto beserta teknologinya.