Marketplace NFT OpenSea Buka Potensi Diakuisisi

Anisa Giovanny

1st February, 2024

CEO OpenSea, Devin Finzer mengatakan perusahaannya tidak menutup peluang untuk menjual perusahaan atau bermitra dengan pihak lain. 

“Kami pikir jika ada kemitraan yang tepat, maka itu adalah sesuatu yang harus kami pertimbangkan,” kata Finzer dalam wawancaranya dengan DL News (27/1).

OpenSea, pernah menjadi pasar NFT dominan dengan mencapai penilaian puncak sebesar US$13 miliar selama siklus sensasi NFT, dengan investor terkenal seperti Andreessen Horowitz, Paradigm, dan Coatue Management bertaruh besar pada kesuksesannya.

Namun, ketika pasar NFT mengalami penurunan, valuasi OpenSea pun mengikuti jejaknya, dengan adanya laporan bahwa Coatue memangkas kepemilikan OpenSea sebesar 90%. Untuk beradaptasi dengan realitas pasar baru, OpenSea harus mengambil keputusan sulit, termasuk memberhentikan sekitar 20 karyawan, yang mewakili 50% stafnya pada November 2023.

Baca juga: Mantan Eksekutif OpenSea Diduga Lakukan Rug Pull US$60 Juta

Kalah Saing dengan Blur?

Keputusan OpenSea untuk membuka peluang diakuisisi ini muncul sebagai tanggapan terhadap “serangan vampir” dari pasar NFT saingannya.

Salah satu saingan ketat OpenSea adalah Blur. Meskipun memiliki lebih sedikit pengguna secara keseluruhan, Blur melihat volume lima kali lebih banyak dibandingkan dengan OpenSea yang sebelumnya memiliki dominasi 90% di sektor NFT.

Finzer mengklaim bahwa taktik pertumbuhan Blur melibatkan jalan pintas, terutama dalam hal kepatuhan hukum dan peraturan. Pertumbuhan pesat Blur sering kali dikaitkan dengan token airdrop yang agresif dan kampanye pemasaran yang mendorong hal ini.

Tahun lalu, skema token airdrop pasar NFT Blur memang membantu platform tersebut meningkatkan volume penjualannya dan menarik pelanggan.

Pada bulan Januari 2022, pasar NFT LooksRare meluncurkan struktur insentif serupa untuk mempengaruhi pelanggan OpenSea.

Baca juga: Blur Salip OpenSea, Siap-siap Ada Airdrop Kedua!

CEO OpenSea Optimis Pasar NFT Tumbuh

Meskipun posisi OpenSea dan penjualan platformnya masih belum jelas, Finzer percaya diri dengan kemungkinan pemulihan pasar kripto, yang dapat mengarah pada pertumbuhan baru untuk sektor NFT.

CEO OpenSea menyatakan telah mengadakan pertemuan dengan para eksekutif merek mewah untuk mengembangkan proyek custom NFT, dan berpartisipasi dalam berbagai acara selama Fashion Week minggu ini di Paris.

Menurut Finzer, kehadiran Gucci dan Louis Vuitton di sektor NFT tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena semakin meningkatnya kesadaran pasar.

“Saya rasa masyarakat kini mulai memahaminya lebih dalam. Saya sangat terkesan saat melakukan percakapan ini, dengan tingkat kecanggihan orang-orang yang mengelola proyek dan inisiatif ini,” kata Finzer.

Baca juga: Kewajiban Bayar Royalti ke Kreator NFT di OpenSea akan Dihapus!

Anisa Giovanny

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency