Memecoin Dorong Lonjakan TVL Layer-2 Base ke US$3 Miliar

Ary Palguna

1st April, 2024

Jaringan Ethereum layer-2 Base telah menunjukkan lonjakan signifikan dalam total nilai terkunci (TVL), naik sekitar 200% dalam sebulan terakhir menjadi lebih dari US$3 miliar, menurut data L2beat.


Kontributor Base, Jesse Pollak mengungkapkan bahwa Base mencapai TVL US$3 miliar lima hari setelah melewati TVL US$2 miliar. Faktanya, jaringan ini membutuhkan 203 hari untuk pertama kalinya mencapai TVL US$1 miliar dan hanya 23 hari untuk menyentuh US$2 miliar.

base
Gambar: TVL layer-2 Base. Sumber: L2Beat.

Selain itu, data on-chain menunjukkan bahwa peningkatan TVL sejalan dengan basis pengguna yang terus berkembang. Menurut platform analitik Dune yang disusun oleh kontributor Watermeloncrypto, pengguna aktif harian Base telah melampaui 5 juta pada minggu ini, dengan total pendapatan jaringan sudah melebihi US$36 juta.

Lonjakan Memecoin Base

Pertumbuhan signifikan jaringan ini dapat diatribusikan pada berbagai faktor, termasuk lonjakan yang mencolok dalam aktivitas memecoin dan munculnya produk-produk inovatif.

Ada lonjakan mencolok dalam sektor memecoin di Base belakangan ini. Akibatnya, Base telah mengalami likuiditas yang meningkat dan sentimen pasar yang lebih menguntungkan karena analis industri berspekulasi bahwa aset tersebut dapat memimpin tahap adopsi berikutnya.

Selain itu, Base telah menyaksikan developer kripto menciptakan produk-produk baru di solusi layer-2, yang lebih lanjut memfasilitasi adopsi dan penggunaan. Untuk konteks, Base baru-baru ini menyambut salah satu jaringan layer-3 pionir, Degen, ke ekosistemnya pada tanggal 28 Maret 2024.

“Layer-3 adalah appchains yang memberikan transaksi yang sangat cepat karena mereka diselesaikan pada Layer-2 seperti Base daripada terhubung langsung ke Ethereum. Internet onchain baru menuntut model baru untuk penskalaan, dan Layer-3 memanfaatkan kekuatan Layer-2 dengan cara baru.”

Andrew Forte, direktur pengembangan bisnis di Dappd, juga menyoroti upaya terbaru Coinbase untuk mengembangkan smart wallet yang tidak memerlukan seed phrase atau kunci pribadi untuk solusi layer-2. Menurutnya, wallet ini dapat membantu mendorong basis pengguna besar Coinbase ke Base.

Baca juga: Transaksi Harian BASE Coinbase Kalahkan Ethereum

Ary Palguna

Lulusan Matematika ITB yang menggemari kripto sejak 2017. Sedang fokus dalam riset ekonomi makro dan kripto beserta teknologinya.

Lulusan Matematika ITB yang menggemari kripto sejak 2017. Sedang fokus dalam riset ekonomi makro dan kripto beserta teknologinya.