Lido Rilis V2 dan Aktifkan Fitur Penarikan ETH, Ini Dampaknya ke Harga!

Anggita Hutami

16th May, 2023

Lido Finance (LDO) merilis peningkatan V2 dan mengaktifkan fitur penarikan Ethereum (ETH) pada 15 Mei. Fitur penarikan ETH oleh Lido Finance memungkinkan investor memperoleh ETH yang telah mereka stake melalui Lido.

Di sisi lain, fitur ini juga berpotensi meningkatkan pasokan ETH di pasar. Jika pasokan bertambah sementara permintaan tetap stabil atau menurun, harga bisa saja bergerak negatif jika seluruh ETH yang keluar dari Lido dijual.

Gambar jumlah token stETH. Sumber: Parsec Finance

Menurut data Parsec Finance pukul 15.21 WIB, ada lebih dari 6.000 token stETH senilai Rp162,2 miliar yang telah ditarik.

Sementara itu, Lido juga menghadirkan fitur staking route, yang menjadi desain arsitektur modular baru dan memungkinkan pengembangan on-ramp untuk operator node baru, mulai dari staker solo hingga DAO dan kluster Distributed Validator Technology (DVT), yang akan menciptakan ekosistem validator yang lebih beragam.

Baca Juga: Justin Sun Stake 150.000 ETH ke Lido, Fitur Staking Rate Limit Aktif!

Dampak terhadap Harga ETH dan LDO

Analis kripto Tanaka berpendapat bahwa harga ETH bereaksi positif sejak dirilisnya fitur penarikan. ETH dilaporkan telah melonjak 30% pada 16 Mei pukul 02.47 WIB ke harga US$1.829. Namun, harga ETH mengalami koreksi tipis 0,63% dalam 24 jam, dihargai sebesar US$1.820. Sebelumnya, harga ETH sempat menyentuh US$1.844, tertinggi sejak 11 Mei.  

Sama halnya dengan harga token Lido DAO (LDO) yang melonjak hingga 1,92% dalam 24 jam, seharga US$2,17. Sementara itu, volume perdagangannya mencapai US$12,7 juta.

Menurut Dune Analytics, pada 8 Mei hingga 15 Mei 2023, Lido mencatat beberapa tren menarik, antara lain angka Total Value Locked (TVL) tumbuh 2,40%, mencapai US$12,36 miliar pada minggu ini, 18,7% dari total ETH yang di-stake pada minggu sebelumnya juga masuk melalui Lido dengan jumlah keseluruhan mencapai 183,3 ribu ETH.

Baca juga: Lido di Solana Cari Bantuan Dana US$1,5 Juta untuk Lanjutkan Operasional

Lido Finance Pasca Shanghai

Lido menjadi protokol dengan jumlah staking ETH terbesar, dengan pangsa sebesar 74,48% dari total nilai kunci TVL yang diubah menjadi stETH.

Sejak upgrade Shanghai, jumlah netflow protokol Lido mencapai 823.251 ETH. Sementara itu, jumlah ETH yang telah di-stake sebanyak 20 juta ETH, setara dengan 16,72% dari total pasokan ETH.

Pergerakan positif ini diperkirakan dapat mendorong pertumbuhan protokol lainnya, seperti SharedStake (SGT), LSDx Finance (LSDx), dan Zero Liquid (ZERO).

Baca Juga: Lido Finance akan Lakukan Upgrade Terbesar, Ada Dua Fitur Baru!

Anggita Hutami

Menekuni bidang jurnalistik sejak 2017. Fokus pada isu investasi keuangan, ekonomi, dan kebijakan publik.

Menekuni bidang jurnalistik sejak 2017. Fokus pada isu investasi keuangan, ekonomi, dan kebijakan publik.