Ketua The FED Sebut Stablecoin Bentuk Uang dan Perlu Diatur

Anggita Hutami

22nd June, 2023

Ketua Bank Sentral Amerika Serikat atau The FED, Jerome Powell, menghadiri rapat dengar pendapat dengan Komite Keuangan pada Rabu (21/6).

Pertemuan tersebut membahas tentang laporan kebijakan moneter semi-tahunan yang disampaikan oleh bank sentral AS.

Di tengah pembahasan, anggota komite dari partai Republik, Maxine Moore Waters, menyoroti minimnya peran The FED dalam mengatur regulasi stablecoin.

Ia melihat bahwa rancangan undang-undang mengenai stablecoin dengan 58 lisensi berbeda, hanya dua lisensi yang memerlukan persetujuan regulasi bank sentral, sementara 56 lisensi lainnya diberikan oleh negara bagian, wilayah, dan Washington DC.

Maxine Waters berpendapat bahwa bank sentral AS harus memiliki peran kuat dalam mengawasi pembayaran stablecoin dari lembaga non-bank untuk melindungi konsumen. Upaya ini memastikan perlakuan yang sama antara lembaga non-bank dan bank.

Powell menanggapi pendapat Walters, dengan meyakini stablecoin sebagai bentuk uang dan bank sentral memiliki peran kuat dalam mengaturnya.

“Kami memang melihat stablecoin pembayaran sebagai bentuk uang, dan di semua negara maju, sumber utama kredibilitas uang adalah bank sentral,” kata Powell.

Powell juga menekankan membiarkan peran bank sentral menjadi lemah dan memperbolehkan penciptaan uang swasta yang meluas di tingkat negara akan menjadi kesalahan.

Pada tahun 2021, Powell mengatakan di hadapan Kongres bahwa stablecoin dapat menjadi bagian yang layak dari “alam semesta pembayaran”, dibandingkan dengan jenis aset kripto lainnya.

Dia melanjutkan dengan mengatakan bahwa stablecoin harus diatur dengan cara yang mencerminkan reksa dana pasar uang dan deposito bank.

Baca juga: Regulator AS Perkenalkan RUU Stablecoin, Ini Poin Pentingnya!

Reaksi Pasar Positif

Sementara itu, pasar kripto merespon positif rapat dengar pendapat dengan Komite Keuangan tersebut. Kapitalisasi pasar kripto meningkat 4,56% hari ini.

Bitcoin dihargai sebesar US$30.308 dengan kenaikan 5,21%. Begitu pula dengan kripto populer lainnya seperti Ethereum (5,35%), BNB (1,05%), Cardano (7,56%), Solana (4,03%), dan Arbitrum(6,37%).

Baca Juga: Harga BTC Sentuh US$30.000, Naik 20% Dalam Sepekan!

Anggita Hutami

Menekuni bidang jurnalistik sejak 2017. Fokus pada isu investasi keuangan, ekonomi, dan kebijakan publik.

Menekuni bidang jurnalistik sejak 2017. Fokus pada isu investasi keuangan, ekonomi, dan kebijakan publik.