Harga NFT BAYC Anjlok 90%, Kolektor Beralih ke Token PEPE

Anggita Hutami

4th July, 2023

Perdagangan di pasar NFT masih belum menunjukkan peningkatan yang signifikan. Sejumlah NFT terkemuka diketahui masih diperdagangkan di bawah harga rata-rata termasuk Bored Ape Yacht Club, Azuki, dan koleksi lainnya. Dikarenakan harga koleksi NFT yang rendah, para kolektor mulai beralih ke token meme.

BAYC dan Mayoritas NFT Merosot

Pada Senin (3/7), Co-Founder Reflexivity Research Will Clemente mengungkapkan bahwa floor price atau harga dasar BAYC turun 90% dari level tertinggi sepanjang masa. Floor price NFT bertema tengkorak itu telah menurun 23% selama sepekan terakhir.

Menurut pasar NFT OpenSea, harga dasar BAYC saat ini sebesar 30,03 ETH atau sekitar Rp883,3 juta. Harga tersebut merupakan level terendah BAYC dalam satu tahun terakhir.

Meskipun mengalami penurunan harga, BAYC tetap menjadi salah satu koleksi NFT yang paling diminati. Volume perdagangan BAYC mencapai US$48,8 juta dalam satu bulan terakhir.

Koleksi NFT lainnya juga mengalami penurunan harga dasar yang signifikan. Menurut data dari CoinGecko, koleksi NFT Azuki mengalami penurunan harga dasar yang cukup besar selama akhir pekan. Harganya turun sebesar 63,6%, dari 15,4 ETH menjadi 5,6 ETH, dalam waktu seminggu terakhir.

Selain itu, Azuki saat ini sedang menghadapi pertempuran internal antara DAO proyek dan pendirinya yang dikenal sebagai “Zagabond.”

CoinGecko juga melaporkan penurunan harga dasar dalam 24 jam terakhir untuk beberapa koleksi NFT terkemuka. Mutant Ape Yacht Club, DeGods, dan Elemental semuanya mengalami penurunan sekitar 15-20%.

Baca Juga: Kreator Bored Ape Luncurkan NFT Bitcoin Pertamanya

Kolektor NFT Beralih ke Token PEPE

Kolektor NFT dilaporkan telah beralih ke token meme yang sedang mengalami reli baru-baru ini akibat harga yang rendah. Menurut pengamat kripto Twitter Cirrus(8/5), beberapa pedagang NFT telah menjual koleksi BAYC di bawah harga pasar dan menukarnya dengan token PEPE.

Sejumlah pedagang NFT telah menjual 14 koleksi BAYC di bawah harga dasar mereka selama akhir pekan. Mereka mendapatkan kurang lebih 672 ETH, yang saat itu memiliki nilai lebih dari US$1,2 juta dan digunakan untuk membeli token PEPE.

Baca Juga: Harga PEPE Naik 72% dalam Sepekan, Ini Pemicunya!

Anggita Hutami

Menekuni bidang jurnalistik sejak 2017. Fokus pada isu investasi keuangan, ekonomi, dan kebijakan publik.

Menekuni bidang jurnalistik sejak 2017. Fokus pada isu investasi keuangan, ekonomi, dan kebijakan publik.