Harga ADA Melonjak, Dogecoin Turun Peringkat di Market Cap

Anggita Hutami

9th January, 2023

Dalam sepekan terakhir harga ADA telah naik 26.93%, harga aset asli milik Cardano itu pun mengalami kenaikan 12.79% dalam 24 jam.

Dengan pergerakan positif ini, ADA berhasil raih harga tertinggi sejak pertengahan November di $0,332 pada saat penulisan. Namun, ADA masih jauh dari rekor tertinggi sepanjang masa di $3,09 pada September 2021.

Sejak awal November, kapitalisasi pasar untuk aset kripto berada pada $90 milyar sehingga memberikan ADA dominasi pasar sebesar 3,86%. Angka tersebut masih kecil dibandingkan dengan Ethereum atau BNB Chain, tetapi baru-baru ini Cardano (ADA) telah melampaui pertumbuhan mereka.

Namun jika dilihat dari nilai total yang dikunci atau TVL di DeFi Cardano (ADA) terlihat mencapai level tertingginya dalam dua bulan terakhir. Menurut DeFiLlama, TVL yang terkunci di ekosistem Cardano melonjak 40% sejak awal tahun 2023.

Baca juga: Smart Contract Cardano Tumbuh 300% di 2022

Lima Proyek Cardano Meningkat Signifikan

Proyek DeFi di Cardano. Sumber: Defillama

Lima proyek DeFi teratas di Cardano pun semuanya mengalami peningkatan dua digit saat ini. Proyek unggulannya adalah Minswap DEX yang memiliki pangsa pasar 40.96%. TVL Minswap telah melonjak 22% selama seminggu terakhir dan saat ini menjadi $27,3 juta. Kemudian ada Sundaswap yang

Platform pinjaman Indigo alami kenaikan TVL 39.23% selama sepekan terakhir. Selain itu, TVL DEX WingRiders telah melonjak 44.47% dalam nilai total terkunci hanya dalam seminggu.

WingRiders baru-baru ini mengumumkan stable swap pools menawarkan untuk melayani perluasan stablecoin di Cardano, proyek ini terinspirasi dari Curve. Selanjutnya adalah SundaeSwap dan MuesliSwap yang mengalami kenaikan TVL sebesar 28%.

Peningkatan DeFi, aktivitas on-chain, dan harga ADA selama beberapa minggu terakhir berhasil membuat Cardano kembali tempat kedelapan di grafik kapitalisasi pasar setelah menggeser Dogecoin.

Baca juga: Cardano akan Rilis Dua Stablecoin di 2023, Ini Prospek Harga ADA!

Anggita Hutami

Menekuni bidang jurnalistik sejak 2017. Fokus pada isu investasi keuangan, ekonomi, dan kebijakan publik.

Menekuni bidang jurnalistik sejak 2017. Fokus pada isu investasi keuangan, ekonomi, dan kebijakan publik.