Tunggu Harga ETH Turun 69%, 50.000 Opsi Put ETH Baru Bisa Untung!

Anggita Hutami

10th January, 2023

Pembelian put option sebanyak 50.000 kontrak Ether (ETH) muncul di buku pesanan Deribit pada minggu lalu. Dengan kesepakatan harga sebesar $400, kontrak ini meningkatkan kewaspadaan di komunitas kripto.

Berdasarkan data Coinmarketcap, Selasa,10 Januari 2023 siang, Ether dihargai $1,324.59. Perdagangan opsi akan terbayar jika harga Ether turun 69% dalam waktu kurang dari enam bulan. Di Deribit, satu kontrak opsi Ether mewakili satu ETH.

Dalam buletin mingguan perusahaan penyedia data aset digital Amberdata dilaporkan, perdagangan yang paling banyak dibicarakan adalah pembelian put option kripto sebesar $400 pada Juni 2023 dengan tawaran resting bid [50.000] kontrak.

Put option atau opsi put ialah hak yang diberikan pemegang aset untuk menjual aset dasar di harga yang telah ditentukan dalam jangka waktu tertentu.

Seorang pembeli put option secara implisit berarti bearish di pasar. Adapun, resting bid ialah pesanan yang harganya jauh dari pasar dan belum dieksekusi.

Menurut data Deribit, Senin, 9 Januari 2023 pagi, pesanan dipenuhi telah mencapai 40.000 kontrak. Pembeli sudah membayarkan premi 0,0095 ETH per kontrak, dengan total pengeluaran 380 ETH atau $494.000.

Baca juga: Jenis Kontrak Futures Berdasarkan Waktu Kedaluwarsanya

Mengenal Soal Call dan Put Option

Dalam konteks pembelian call option maupun put option, pembeli membayar premi kepada penjual sebagai kompensasi perlindungan terhadap pergerakan bullish atau bearish.

Premi ialah jumlah maksimum yang bisa hilang dari pembeli jika pasar berlawanan dengan posisi mereka. Namun, potensi keuntungan menjadi tidak terbatas. Dikarenakan, secara teori pasar dapat melihat kenaikan ekstrim atau turun ke nol.

Pembelian put option memiliki dua kemungkinan terhadap pergerakan pasar. Pemesanan tersebut bisa jadi merupakan bagian spekulatif bearish langsung yang ditujukan untuk mendapatkan keuntungan dari potensi jatuhnya harga.

Namun, pembelian tersebut bisa jadi merupakan lindung nilai yang diambil terhadap spot bullish atau eksposur pasar berjangka di Ether atau altcoin lainnya. Sebagian besar mata uang kripto bergerak bersama-sama dengan mata uang pendominasi pasar, seperti Bitcoin dan Ether.

Baca juga: Roadmap Ethereum dan Prediksi Harga ETH 2023

Anggita Hutami

Menekuni bidang jurnalistik sejak 2017. Fokus pada isu investasi keuangan, ekonomi, dan kebijakan publik.

Menekuni bidang jurnalistik sejak 2017. Fokus pada isu investasi keuangan, ekonomi, dan kebijakan publik.