FTX Akan Lelang Semua Solana (SOL) yang Terkunci

Ary Palguna

24th April, 2024

FTX telah memutuskan untuk menawarkan sisa Solana (SOL) yang terkunci melalui lelang dengan harapan mendapatkan harga pasar yang lebih tinggi dibandingkan melalui penjualan langsung (OTC).

FTX Jual Semua Solana (SOL) Melalui Lelang

Pengumuman tentang rencana ini pertama kali disampaikan oleh Mike Cagney, CEO dari bursa kripto Figure Markets, di platform X. Lelang ini menandai perubahan dari metode likuidasi token sebelumnya, yang melibatkan penjualan pada harga pasar tetap.

Bulan lalu, FTX mulai melepas persediaan senilai US$7,5 miliar dari SOL yang terkunci, seringkali dengan diskon yang signifikan. Misalnya, satu transaksi mencatat penjualan 26.964 SOL dengan harga $64 per token, yang merupakan diskon 67% dari nilai pasar.

Figure Markets, yang aktif berpartisipasi dalam lelang, sedang menyiapkan Special Purpose Vehicle (SPV) untuk memungkinkan baik investor non-AS maupun investor terakreditasi dari AS untuk berpartisipasi. SPV akan memungkinkan pengambilan keputusan berbasis komunitas pada harga penawaran, di mana US$1 setara dengan satu suara. Pihak yang tertarik dapat berpartisipasi menggunakan Dolar AS, USDC, Bitcoin, dan Ether.

Baca juga: Kreditor FTX akan Cabut Gugatan ke Bankman-Fried dengan Syarat Ini!

Musim panas lalu, FTX menunjuk CEO Galaxy Digital, Mike Novogratz, sebagai manajer investasi mereka dan memberinya tugas untuk mengawasi penjualan senilai US$3,4 miliar dalam bentuk Bitcoin, Ethereum, Solana, dan beberapa kripto lainnya.

Pantera, manajer aset senilai US$5,2 miliar, sedang mengumpulkan dana untuk Pantera Solana Fund guna membeli hingga US$250 juta SOL dari aset FTX pada awal Maret 2024. Neptune Digital Assets Corp, yang berbasis di Vancouver, mengumumkan pada 27 Maret 2024 bahwa mereka membeli 26.964 SOL seharga US$1,7 juta.

Transisi ke metode penjualan berbasis lelang telah diterima dengan baik oleh beberapa kreditur, terutama mereka yang merasa dirugikan oleh penjualan dengan harga tetap sebelumnya.

Suni Kavuri, seorang kritikus vokal yang mewakili beberapa kreditur, memuji pendekatan baru ini karena memberikan titik masuk yang lebih mudah diakses bagi investor yang lebih kecil. Investasi minimum ditetapkan sebesar US$5.000, dibandingkan dengan ambang batas sebelumnya yang sebesar US$5 juta untuk pembelian langsung.

Baca juga: Kreditur Gugat FTX Terkait Rencana Pembayaran Nasabah

Ary Palguna

Lulusan Matematika ITB yang menggemari kripto sejak 2017. Sedang fokus dalam riset ekonomi makro dan kripto beserta teknologinya.

Lulusan Matematika ITB yang menggemari kripto sejak 2017. Sedang fokus dalam riset ekonomi makro dan kripto beserta teknologinya.