Coinbase Ungkap Risiko Tersembunyi dari Restaking ETH

Anisa Giovanny

8th April, 2024

Sektor keuangan terdesentralisasi (DeFi) Ethereum saat ini sedang mengalami transformasi signifikan, yang ditandai dengan munculnya mekanisme restaking.

Dalam laporan penelitian tanggal 2 April, analis Coinbase, David Han dan David Duong mencatat beberapa risiko dengan restaking dan penerbitan apa yang disebut liquid restaking tokens (LRTs).

Restaking bukan sekedar mekanisme keuangan; ini adalah inovasi yang memungkinkan validator mengamankan layanan jaringan, mendapatkan ketidakseimbangan melalui liquid restaking token (LRT). Token ini, yang dapat diperdagangkan dan merupakan bagian integral dari transaksi DeFi, menandakan semakin kompleksnya dan dinamisme model ekonomi Ethereum.

Baca juga: Analis Sebut Liquid Restaking Berpotensi Menjadi Skema Ponzi

Tantangan Restaking Ethereum

Namun, proses restaking ini mempunyai tantangan yang melekat. Laporan Coinbase menguraikan potensi kerentanan finansial dan keamanan, terutama perbedaan yang mungkin timbul antara LRT dan aset dasar sebenarnya.

Ketidaksesuaian tersebut dapat menyebabkan ketidakstabilan keuangan dan menimbulkan kekhawatiran mengenai kekurangan likuiditas di sektor ini.

Kekhawatiran juga meningkat terhadap ekspektasi hasil dari layanan yang divalidasi secara aktif (AVS). Investor, yang terpikat oleh janji imbal hasil yang tinggi, mungkin menghadapi kenyataan jika imbal hasil tersebut tidak terwujud seperti yang diharapkan.

“Meskipun hal ini dapat meningkatkan pendapatan, hal ini juga dapat menambah risiko,” kata para analis, karena pihaknya mengalokasikan dana yang sama ke validator serupa untuk meningkatkan hasil.

Kedua, penambahan LRT berarti pemangku kepentingan kembali dapat terkonsentrasi pada penyedia layanan berisiko tinggi yang menawarkan imbal hasil tertinggi.

Sifat kompetitif antara para penyedia LRT, dalam upaya mereka untuk menawarkan ketidakseimbangan tertinggi, dapat mendorong praktik keuangan yang berisiko, seperti restaking yang berlebihan, yang dapat memperbesar kerentanan sektor ini.

Terlepas dari risikonya, para analis mengatakan bahwa protokol restaking EigenLayer tampaknya “siap menjadi landasan bagi berbagai layanan baru dan middleware di Ethereum, yang, pada gilirannya, dapat menghasilkan sumber imbalan ETH yang berarti bagi validator di masa depan.”

Sementara itu, pada tanggal 6 Maret, Eigenlayer berhasil menjadi protokol DeFi terbesar kedua, menghasilkan total nilai terkunci (TVL) sebesar US$11,5 miliar per DefiLlama, di bawah kedua setelah protokol liquid staking, Lido.

Baca juga: Liquid Restaking Ether.fi Raih US$23 Juta Pendanaan Seri A

Anisa Giovanny

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency