Coinbase Gugat SEC dan Desak Tanggapi Petisi Ini!

Anggita Hutami

28th April, 2023

Coinbase dilaporkan telah mengajukan gugatan terhadap Komisi Sekuritas dan Bursa (SEC).

Gugatan tersebut bermaksud meminta pengadilan memerintahkan SEC untuk menanggapi petisi yang diajukan Coinbase pada Juli 2022.

Coinbase mengajukan gugatan terhadap SEC setelah lebih dari sebulan menerima wells notice dari regulator.

Wells notice tersebut mengingatkan bahwa SEC berencana untuk mengambil tindakan penegakan terhadap Coinbase karena dugaan pelanggaran undang-undang sekuritas.

Pekan lalu, SEC mengajukan gugatan terhadap Bittrex, sebuah pertukaran kripto, karena diduga melanggar undang-undang sekuritas.

Dalam gugatan perdata, SEC juga mengidentifikasi enam mata uang kripto sebagai sekuritas, termasuk Dash, Algorand, OMG, Monolith, Naga, dan IHT Real Estate Protocol.

Baca Juga: SEC Tuntut Coinbase, Produk Kripto dan Altcoin Ini Terancam!

Petisi Coinbase

Petisi Coinbase meminta SEC untuk mengusulkan regulasi yang lebih jelas untuk industri kripto dan aset digital melalui prosedur formal legislatif.

“Kami hanya meminta agar pengadilan memerintahkan SEC untuk menanggapi sama sekali, yang secara hukum wajib mereka lakukan,” ungkap Kepala Mitigasi Hukum Coinbase, Paul Grewal dalam website resmi Coinbase.

Paul juga mengatakan lebih dari 1.700 entitas maupun individu telah menanggapi petisi tersebut dan mendesak tuntutan yang sama seperti yang dikemukakan Coinbase mengenai kepastian regulasi.

Menurut Coinbase, SEC tidak memberikan tanggapan khusus kepada petisi mereka tahun lalu.

Namun, dalam beberapa bulan terakhir, SEC justru meningkatkan tindakan penegakan hukum dan peringatan terhadap pertukaran mata uang kripto, termasuk Bittrex, Gemini, dan Coinbase.

Dalam petisinya, Coinbase meminta SEC untuk mengklarifikasi secara resmi mengenai aset digital mana yang harus diatur sebagai sekuritas, serta bagaimana persyaratan pendaftaran dan persyaratan lain yang telah dirancang untuk sekuritas tradisional dan juga berlaku untuk aset digital.

Baca Juga: CEO Coinbase Dukung Ripple Lawan SEC

Ketua SEC: Regulasi Kripto Sudah Ada

Ketua SEC, Gary Gensler mengatakan selama sidang kongres Maret lalu, peraturan sudah ada untuk mengatur kripto dengan menggunakan undang-undang sekuritas. Tetapi, saat sidang kongres yang berbeda minggu lalu, ia ditanyai mengenai apakah Ether dianggap sebagai komoditas atau keamanan, Gensler tidak menjawab pertanyaan tersebut dan cenderung menghindarinya.

Baca Juga: SEC Ingin Perketat Aturan Kustodian Kripto, Ini Poin Pentingnya

Anggita Hutami

Menekuni bidang jurnalistik sejak 2017. Fokus pada isu investasi keuangan, ekonomi, dan kebijakan publik.

Menekuni bidang jurnalistik sejak 2017. Fokus pada isu investasi keuangan, ekonomi, dan kebijakan publik.