CEO Indodax Oscar Darmawan Ungkap Potensi Token Lokal Indonesia

Anggita Hutami

25th September, 2023

Perkembangan pasar kripto di Indonesia kini tak sekadar tentang peningkatan jumlah pengguna dan volume transaksi.

Sejumlah pengembang dan inovator kini berlomba-lomba menciptakan token kripto lokal yang secara resmi terdaftar di Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti).

Menurut data dari Bappebti per Januari 2023, saat ini ada 501 jenis aset kripto yang resmi diperdagangkan di Indonesia, sementara itu sepuluh token kripto lainnya merupakan token lokal asli Indonesia. Beberapa token lokal Indonesia terkemuka di antaranya Tokenomy (TEN) dan Tadpole Token (TAD).

Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) di bawah Kementerian Perdagangan (Kemendag) memberikan dukungan terhadap perkembangan token kripto dalam negeri. Terlebih lagi, industri kripto memberikan kontribusi positif terhadap pendapatan negara.

Baca juga: Wamendag Dukung Anak Muda Bangun Proyek Kripto Lokal!

Bappebti juga mendorong peningkatan jumlah penerbitan token kripto lokal Indonesia selama tetap mematuhi regulasi yang berlaku. Bappebti akan mengawasi dan memberikan bimbingan agar token lokal dapat memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan.

Kendati mendapat dukungan dari regulator, kinerja token lokal tersebut  masih sulit bersaing dengan token kripto global, terutama dalam aspek kapitalisasi pasar dan likuiditas.

Token Lokal Masih Kalah Saing

Saat ini, jika kapitalisasi pasar token lokal Indonesia yang disebutkan di atas  dijumlahkan baru mencapai US$19,9 juta, yang berarti hanya memiliki dominasi dibawah 1%.

Namun, pelaku industri dan pengembang token lokal tetap yakin terhadap masa depan token lokal. CEO INDODAX, Oscar Darmawan, meyakini bahwa token lokal memiliki keistimewaan tersendiri, khususnya dalam hal kepercayaan.

“Token lokal memiliki keunggulan yang tidak dapat ditemukan pada token internasional, yaitu tingkat kepercayaan yang tinggi. Pengguna dapat berinteraksi langsung dengan pengembang dan perusahaan yang ada di balik token tersebut,” ungkap CEO INDODAX, Oscar Darmawan dalam wawancara eksklusif di Coinfest Asia 2023.

Token kripto yang dihasilkan oleh pengembang Indonesia, yang mana seringkali dapat ditemui secara langsung oleh para pengguna, memberikan tingkat kepercayaan dan rasa aman yang tinggi kepada para trader.

Kepercayaan merupakan salah satu keunggulan yang eksklusif hanya dimiliki oleh proyek-proyek kripto lokal. Di samping itu, token kripto yang berasal dari dalam negeri juga dapat lebih sesuai dengan ciri khas dan tuntutan pasar Indonesia yang khusus. 

“Oleh karena itu, untuk menyukseskan token lokal, penting untuk mengembangkan tingkat profesionalisme yang tinggi agar pada akhirnya mampu bersaing dengan token kripto internasional,” ungkap Oscar Darmawan.

Baca juga: CEO Indodax Raih MURI Sebagai Magister Blockchain Pertama di Indonesia

Anggita Hutami

Menekuni bidang jurnalistik sejak 2017. Fokus pada isu investasi keuangan, ekonomi, dan kebijakan publik.

Menekuni bidang jurnalistik sejak 2017. Fokus pada isu investasi keuangan, ekonomi, dan kebijakan publik.