BNB Chain akan Aktifkan Fitur Liquid Staking

Anisa Giovanny

26th April, 2024

BNB Chain akan mengaktifkan liquid staking pada BNB Smart Chain (BSC) sebagai bagian dari rencana migrasi fungsi Beacon Chain ke BSC. Aktivasi ini terjadi setelah Beacon Chain dihentikan.


Dalam keterangan resminya, BNB Chain menyebutkan bahwa BNB Beacon Chain akan ditutup sepenuhnya pada Juni 2024, namun perusahaan akan memindahkan fitur-fiturnya ke BSC sebelum penutupan tersebut.

Dengan mengaktifkan staking asli dengan APY yang tinggi di BSC dan meningkatkan imbalan MEV, staking likuid di BNB Chain memungkinkan peserta mengamankan jaringan tanpa mengorbankan likuiditas aset mereka.

Melalui penerbitan token liquid staking yang mewakili BNB yang di-staking, pengguna dapat terlibat dalam aktivitas DeFi tanpa mengorbankan utilitas aset. Integrasi LSDFi direncanakan berlangsung antara April dan awal Mei 2024.

Transisi ini diharapkan menarik validator baru, terutama yang terlibat dengan derivatif staking likuid (LSD) dan token penukaran likuiditas (LRT). Delegator bisa mendapatkan keuntungan dari LSDFi dan MEV, dengan imbalan staking harian dan pendapatan MEV. Basis validator yang lebih luas ini juga mendukung partisipasi tata kelola yang lebih besar.

Baca juga: BNB Chain Adakan Hackathon Berhadiah Rp7,5 Miliar

BNB Chain Tingkatkan Penawaran MEV

BNB Chain secara bersamaan sedang meningkatkan penawaran MEV-nya. Saat ini, ada 3 solusi MEV utama di ekosistem BNB Chain, yaitu Puissain, TxBoost, dan BloxRoutes.

Maximal Extractable Value (MEV) di dunia kripto mengacu pada potensi keuntungan maksimum yang dapat diperoleh penambang atau peserta jaringan dari produksi blok dan pemesanan transaksi.

Untuk menstandarkan solusi MEV di ekosistem ini, BNB Chain mengusulkan BEP 322 yang menerapkan mekanisme PBS (Proposer Builder Separation) di BSC, mengundang entitas blockchain terkemuka untuk berpartisipasi dalam solusi rantai pasokan MEV.

Proposal ini memperkenalkan API pembuat standar yang memungkinkan validator berintegrasi dengan beberapa pembuat, mendorong daya saing dan meningkatkan pasar MEV di BNB Chain.

Secara keseluruhan, perubahan ini mencerminkan komitmen BNB Chain untuk meningkatkan pengalaman pengguna dengan menawarkan lebih banyak fleksibilitas, keamanan yang lebih baik, dan tata kelola ekosistem yang lebih luas.

Baca juga: SEC Filipina Minta Apple dan Google Hapus Aplikasi Binance

Anisa Giovanny

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency