Bitcoin Bullish, Harga Saham Kripto Ikut Naik!

Anggita Hutami

18th January, 2023

Penguatan BTC yang reli lebih dari 20% sejak awal tahun ini berdampak positif terhadap saham-saham perusahaan kripto seperti Coinbase, Marathon Digital Holdings, dan Riot Platforms. Hampir seluruh saham perusahaan kripto naik sekitar 50% hingga lebih sejak awal tahun.

Baca juga: Harga Bitcoin Naik 20% dalam Sepekan, Mining Difficulty Tembus ATH

Mengutip Bloomberg, Marathon Digital, Coinbase, dan MicroStrategy melihat peningkatan level short bet terhadap mereka selama berbulan-bulan, dengan ketiganya menggunakan short interest sebagai persentase dari ekuitas float sebesar 25% atau lebih.

Persentase tersebut lebih tinggi daripada anggota Indeks S&P 500 mana pun. Silvergate, yang 64% sahamnya dipinjam oleh short seller, melonjak sebanyak 29% pada hari Selasa, 17 Januari 2023.

Saham Perusahaan Mining Paling Profit

Menurut laporan Bloomberg, saham perusahaan mining kripto menjadi pihak yang paling diuntungkan dari rebound Bitcoin. Luxor Hashprice Index naik sekitar 20% tahun ini. Harga saham Bitfarms, Hut 8 Mining Corps, dan Bit Digital naik dua kali lipat sejak awal Januari 2023.

Kondisi ini juga mungkin disebabkan oleh short seller yang keluar dari posisi, setelah mencairkan profit yang sangat besar pasca kekalahan tahun sebelumnya.

Ini diketahui setelah bank crypto melaporkan hasil kuartal keempatnya yang mencakup kerugian $1 miliar untuk periode tersebut. Bank crypto juga telah mengumumkan akan memecat 40% stafnya.

Apa itu Saham Perusahaan Kripto?

Saham kripto ialah perusahaan go-public dengan bisnis yang berkaitan dengan pasar kripto atau pun teknologi blockchain. Saham-saham ini juga mencakup exchange populer, penambang kripto, spesialis teknologi blockchain, dan perusahaan yang memiliki kepemilikan aset kripto secara agregat di neraca mereka. Mereka biasanya sangat berkorelasi dengan fluktuasi harga kripto yang cenderung fluktuatif dan tidak dapat diprediksi.

Referensi Forbes Saham Kripto Januari 2023

Selama kripto bull run pada tahun 2021, beberapa perusahaan publik melakukan investasi kripto cukup masif. Krisis kripto tahun 2022 mengingatkan para investor terkait kerentanan saham kripto terhadap penurunan pasar yang besar.

Ketika situasi crypto winter, saham kripto dengan rekam jejak terbaik dapat menghasilkan profit yang cukup bagus bagi investor yang toleran terhadap risiko.

Berikut adalah tujuh saham kripto yang mampu bertahan di tengah kondisi crypto winter, menurut Forbes.

  • Visa Inc. (V)
  • PayPal Holdings, Inc. (PYPL)
  • Block Inc. (SQ)
  • Coinbase Global, Inc. (COIN)
  • MicroStrategy Inc. (MSTR)
  • Marathon Digital (MARA)
  • Silvergate Capital (SI)

Baca juga: Bitcoin Reli Awal Tahun, Ini Temuan Menarik dari Glassnode!

Anggita Hutami

Menekuni bidang jurnalistik sejak 2017. Fokus pada isu investasi keuangan, ekonomi, dan kebijakan publik.

Menekuni bidang jurnalistik sejak 2017. Fokus pada isu investasi keuangan, ekonomi, dan kebijakan publik.