Aktivitas Transaksi Kripto Justin Sun Bikin Investor Cemas, Ini Alasannya!

Anggita Hutami

10th July, 2023

Aktivitas transaksi token stETH Justin Sun yang terbilang besar memicu kekhawatiran investor karena bisa mempengaruhi sentimen aset dan pengaruhi likuiditas.

Staked ether (stETH) adalah token yang mewakili ETH yang “di-stake” melalui layanan liquid staking, Lido. Satu token stETH bernilai sama dengan satu ETH.

Baca juga: Liquid Staking, Tren Kripto Terbaru di 2023!

Dapat Pengaruhi Sentimen Aset

Menurut data Parsec Finance (8/7/23) Sun telah melakukan penarikan atas 30.000 stETH dari dua dompet yang berbeda. Justin Sun saat ini diketahui memiliki sisa kepemilikan token sekitar 260.000 stETH.

Gambar transaksi stETH Justin Sun. Sumber: @etheraltog

Setelah penarikan masif yang dilakukan pendiri Tron itu, grafik Santiment mengungkapkan adanya penurunan sentimen tertimbang terhadap token stETH. Penurunan sentimen tertimbang menunjukkan bahwa komunitas kripto cenderung memiliki sentimen negatif terhadap token stETH.

Grafik sentimen investor terhadap token stETH 8 Juli. Sumber: Santiment

Sementara itu, pertumbuhan jaringan stETH juga mencatatkan penurunan yang signifikan dalam beberapa hari terakhir. Hal ini menandakan penurunan minat dari alamat baru untuk menggunakan token stETH.

Baca juga: Justin Sun Stake 150.000 ETH ke Lido, Fitur Staking Rate Limit Aktif!

Pengaruhi Likuiditas stETH

Tindakan penarikan besar dapat dianggap sebagai indikasi bahwa Justin Sun memiliki rencana atau alasan khusus untuk memegang atau menggunakan sejumlah besar stETH.

Investor juga khawatir ini dapat mempengaruhi ketersediaan aset di pasar yang pada akhirnya akan memicu pergerakan harga yang tidak stabil dan mempengaruhi likuiditas.

Selain itu, perubahan kepemilikan yang signifikan oleh tokoh terkemuka seperti Justin Sun dapat menciptakan ketidakpastian di pasar dan mempengaruhi sentimen investor secara keseluruhan.

Baca Juga: Justin Sun Dituduh Lakukan Penipuan dan Wash Trading!

Justin Sun Pindahkan 23.000 ETH

Sementara itu, selain stETH, Sun juga melakukan transaksi ETH menurut data dari Lookonchain (8/7/23).

Pria berusia 32 tahun ini, telah mentransfer 23.000 ETH senilai sekitar US$43 juta ke Poloniex. Namun, ia belum mengonfirmasi secara resmi mengenai alasan tindakannya itu.

Gambar transaksi ETH Justin Sun. Sumber: @lookonchain.

Penulis UToday Godfrey Benjamin pada Sabtu (8/7) mengungkapkan bahwa tindakan yang dilakukan Sun merupakan langkah terencana untuk mengambil keuntungan dari lonjakan harga Ethereum secara bertahap.

Selain itu, alasan Sun memindahkan dana ke Poloniex diyakini agar ia dapat memperoleh hadiah secara berkala dari staking yang dilakukannya.

Alasan lain yang masuk akal adalah ia bertujuan untuk melindungi likuiditas di Poloniex, pertukaran kripto yang mendapatkan dukungan investasi darinya.

Anggita Hutami

Menekuni bidang jurnalistik sejak 2017. Fokus pada isu investasi keuangan, ekonomi, dan kebijakan publik.

Menekuni bidang jurnalistik sejak 2017. Fokus pada isu investasi keuangan, ekonomi, dan kebijakan publik.