5 Aset Kripto Ini Naik Paling Tinggi dalam Sepekan!

Anggita Hutami

21st May, 2023

Di saat kondisi pasar kripto yang cenderung sideways, lima aset kripto ini justru berhasil catat kenaikan tertinggi dalam sepekan.

Kenaikan kripto teratas pekan ini dipimpin oleh Render Token/RNDR (31,95%), Mask Network/MASK (22,85%), Injective/INJ (19,09%), Conflux/CFX (18,82%), dan Synthetix/SNX (17,79%).

Gambar kenaikan top kripto dalam sepekan per 21 Mei 2023 pukul 10.42 WIB. Sumber: Coinmarketcap.

Render Token (RNDR)

Saat artikel ini ditulis, Render Token (RNDR) dijual seharga US$2,38, mencatat kenaikan 3,99% dalam 24 jam. Token RNDR adalah jaringan rendering GPU terdistribusi berbasis Ethereum.

Token ini menghubungkan antara seniman dan studio dengan mitra penambangan yang menyewakan daya komputasi GPU. RNDR juga berfungsi sebagai unit tata kelola dan opsi pembayaran untuk seluruh sistem. 

Sejak listing di Coinbase, RNDR mengalami kenaikan signifikan. Harga RNDR melonjak 285%, dan dalam sebulan terakhir naik lebih dari 27,8%.

Baca juga: Apple akan Rilis Headset VR/AR, Diprediksi Bawa Sentimen Positif ke Token Metaverse

Mask Network (MASK)

Mask Network (MASK) dijual seharga US$4,55, mencatat kenaikan 1,15% dalam 24 jam. Mask Network/MASK adalah protokol enkripsi pesan yang memfasilitasi pengguna untuk mengirim pesan terenkripsi melalui platform media sosial seperti Twitter dan Facebook.

MASK bertindak sebagai jembatan antara internet dan jaringan terdesentralisasi. Proyek token ini memungkinkan komunikasi yang aman dan privasi di platform-platform media sosial tersebut.

Baru-baru ini pada 7 Maret, Binance menambahkan MASK dalam aset cadangan mereka, yang mengakibatkan lonjakan harga hingga 29%. Harganya naik dari US$3,27 menjadi $4,20 dalam satu hari.

Injective (INJ)

Injective Protocol (INJ) dijual seharga US$7,16, mencatat kenaikan 1,05% dalam 24 jam. Injective Protocol adalah pertukaran terdesentralisasi (DEX) yang menawarkan perdagangan margin lintas rantai, derivatif, dan perdagangan berjangka valas. Protokol ini dibangun di atas blockchain Cosmos sebagai aplikasi Layer 2.

Pergerakan harga INJ yang positif ini diduga kuat karena protokol ini akan memberikan NFT kejutan jika komunitas lebih banyak berinteraksi dengan dApps yang dibangun di atas Injective atau Layer 1.

Conflux (CFX)

Conflux (CFX) dijual seharga US$0,29, mencatat kenaikan tipis 0,43% dalam 24 jam. Conflux (CFX) adalah sebuah blockchain publik lapisan-1 yang dirancang untuk mendukung aplikasi terdesentralisasi (dApps), e-commerce, dan infrastruktur Web 3.0.

CFX bertujuan untuk menjadi lebih terukur, terdesentralisasi, dan aman daripada protokol blockchain lainnya. Token CFX merupakan salah satu yang paling diminati dalam proyek inkubasi Conflux, yang disebut Flux Fire.

Kenaikan harga CFX diperkirakan merupakan pengaruh dari kemitraannya baru-baru ini. Pada 16 Mei, Mold Finance akan bergabung dengan ekosistem CFX. Kapitalisasi pasar CFX saat ini mencapai US$900,91 juta.

Baca juga: 5 Aset Kripto Ini Naik Ratusan Hingga Ribuan Persen Pada Q1 2023

Synthetix (SNX)

Synthetix (SNX) dijual seharga US$2,38, mencatat penurunan tipis 0,5% dalam 24 jam terakhir. Synthetix adalah protokol DeFi untuk aset sintetis (synth) yang membuat penggunanya mendapatkan eksposur baik dari aset kripto maupun non-kripto seperti emas, minyak, dan lain-lain tanpa harus memilikinya secara langsung.

Kenaikan SNX pekan ini terjadi setelah dua proposal utama dari komunitas Synthetix yakni Synthetix Improvement Proposal (SIP) 2014 dan 2015.

Jika kedua proposal ini disetujui akan ada peluang untuk membuka delapan pasar baru untuk versi sintetis beberapa mata uang kripto terkenal. Salah satu aset kripto yang diprediksi akan memiliki versi sintetisnya adalah token meme populer PEPE.

Baca Juga: Mengenal Token Meme PEPE, Ikon “Trolling” Internet

Anggita Hutami

Menekuni bidang jurnalistik sejak 2017. Fokus pada isu investasi keuangan, ekonomi, dan kebijakan publik.

Menekuni bidang jurnalistik sejak 2017. Fokus pada isu investasi keuangan, ekonomi, dan kebijakan publik.