X Rilis Detail Pembayaran, Libatkan Kripto?

Ary Palguna

23rd April, 2024

Pengguna X rencananya akan dapat menggunakan fitur pembayaran aplikasi untuk mengirim antar pengguna lain, membeli barang di toko, dan bahkan mendapatkan bunga dari simpanan di akun mereka.

X: Aplikasi Sosial Media Sekaligus Bank

Pengguna X suatu hari akan dapat menggunakan platform untuk mengirim uang ke pengguna lain, membeli barang dari toko, dan bahkan mendapatkan bunga dari uang yang disimpan akun mereka seperti halnya dengan rekening bank.

Dalam sebuah postingan tanggal 22 April 2024, kepala bagian keamanan informasi pembayaran X, Christopher Stanley, mengatakan bahwa kemampuan pembayaran X akan lebih dari sekadar memberi tip dan berkembang untuk mencakup dompet dalam aplikasi yang mampu menyimpan dan mengirim uang ke pengguna X lainnya.

“Pikirkan Venmo pada awalnya. Kemudian, seiring perkembangannya, Anda bisa mendapatkan bunga, membeli produk, dan akhirnya menggunakannya untuk membeli barang di toko (pikirkan Apple Pay),” kata Stanley.

Stanley menambahkan bahwa tujuan akhir pembayaran di X adalah menciptakan ekosistem keuangan yang berfungsi penuh di mana pengguna tidak pernah perlu menarik dana untuk melakukan transaksi biasa.

Baca juga: X Luncurkan Akun Xpayments, Dogecoin Naik +14%

“Tujuan akhirnya adalah jika Anda pernah punya alasan untuk menarik uang dari sistem kami, maka kami gagal. Anda seharusnya tidak pernah perlu menarik uang karena Anda harus bisa melakukan apa pun yang Anda butuhkan di platform kami,” ungkap Stanley.

Pernyataan Stanley muncul hanya tiga hari setelah X mendapatkan lisensi transmisi uang di negara bagian Tennessee pada 19 April 2024. Dengan lisensi terbaru yang diperoleh, X kini telah menerima lisensi transmisi uang di 25 negara bagian di Amerika Serikat, menurut Nationwide Multi-State Licensing System (NMLS).

Pada saat itu, Stanley mengatakan ia berharap bisa meluncurkan layanan keuangan di aplikasi lebih cepat, namun terhambat oleh proses birokrasi.

Pada awalnya, fitur pembayaran X yang akan datang hanya akan mendukung mata uang fiat. Namun Elon Musk dilaporkan telah menginstruksikan developer di X untuk membangun sistem pembayaran platform sedemikian rupa sehingga kripto dapat ditambahkan di masa depan.

Beberapa berspekulasi bahwa aset kripto Dogecoin (DOGE) berpeluang besar untuk menjadi pilihan metode pembayaran jika X payment mengintegrasikan kripto. Akan tetapi, Elon Musk telah lama tidak menyinggung tentang kripto maupun DOGE.

Baca juga: Elon Musk Buka Peluang Mobil Tesla Bisa Dibeli dengan Dogecoin

Ary Palguna

Lulusan Matematika ITB yang menggemari kripto sejak 2017. Sedang fokus dalam riset ekonomi makro dan kripto beserta teknologinya.

Lulusan Matematika ITB yang menggemari kripto sejak 2017. Sedang fokus dalam riset ekonomi makro dan kripto beserta teknologinya.