Whitepaper Bitcoin Dihapus dari MacOS Apple

Anggita Hutami

27th April, 2023

Pada awal April, blogger Andy Baio mengejutkan komunitas kripto dengan penemuan whitepaper Bitcoin secara tidak sengaja pada produk Apple. Namun, whitepaper tersebut telah lenyap seiring dengan pembaruan sistem MacOS Ventura 13.4 terbaru.

Baca Juga: Blogger Temukan Whitepaper Bitcoin Tersembunyi di Produk Apple!

Whitepaper Bitcoin Terhapus

Apple merilis pembaruan sistem terbaru, macOS Ventura 13.4 beta 3 untuk pengembang pada Selasa (25/4).

Dalam versi terbaru, pengembang Apple tidak perlu lagi menginstal profil melainkan cukup menautkan ID Apple dengan akun pengembang untuk mendapatkan akses ke beta pengembang.

Selain itu, penguji beta publik dapat mendaftar di situs web beta publik Apple dan memilih untuk menerima pembaruan beta melalui aplikasi Pengaturan Sistem.

Pada sistem terbarunya, Apple telah menghapus VirtualScanner.app, yang menyimpan whitepaper Bitcoin secara tersembunyi.

Aplikasi VirtualScanner.app memungkinkan para pengembang Apple untuk melakukan simulasi proses pemindaian dan ekspor dokumen serta gambar menggunakan aplikasi Image Capture tanpa menggunakan pemindai fisik.

Whitepaper Bitcoin ditemukan di dalam folder aplikasi Image Capture bersama dengan aset lainnya seperti file dan gambar PDF yang tidak berhubungan.

Namun, aplikasi-aplikasi tersebut telah dihapus dari versi beta. Hingga saat ini, Apple belum memberikan komentar atau penjelasan sejak ditemukannya whitepaper Bitcoin hingga dihapus dari sistemnya.

Teori Konspirasi

Dengan dihapusnya aplikasi-aplikasi tersebut dan whitepaper Bitcoin dari rilis MacOS Ventura 13.4 terbaru, tampaknya Apple menyiratkan bahwa pihaknya tidak pernah bermaksud untuk memperkenalkan whitepaper Bitcoin ke publik.

Kemungkinan besar, para pengembang Apple sebelumnya tidak menghapus file tersebut dari rilis publik karena tidak ada informasi sensitif yang terkandung di dalamnya.

Namun, teori konspirasi liar lainnya muncul. Dilansir dari Apple Insider, konspirasi tersebut mengatakan bahwa co-founder Apple Steve Jobs adalah Satoshi Nakamoto yang sebenarnya.

Baca Juga: Siapa Satoshi Nakamoto? Ini Hal yang Perlu Kita Ketahui!

Awal Mula Temuan Whitepaper Bitcoin

Salah seorang blogger bernama Andy Baio menemukan salinan PDF dari whitepaper Bitcoin Satoshi Nakamoto saat mencoba memperbaiki printernya yang rusak (5/4). Pengalaman tersebut diceritakannya melalui situs Wavy pada Rabu (5/4).

Salinan PDF whitepaper tersebut diduga tersedia di setiap perangkat MacOS Mojave, yang dirilis oleh Apple pada tahun 2018. Andy Baio telah mencoba memastikan hal tersebut kepada beberapa rekannya yang menggunakan Apple.

Baca Juga: Waspada! iCloud Apple Kini Jadi Akses Pencurian Crypto!

Anggita Hutami

Menekuni bidang jurnalistik sejak 2017. Fokus pada isu investasi keuangan, ekonomi, dan kebijakan publik.

Menekuni bidang jurnalistik sejak 2017. Fokus pada isu investasi keuangan, ekonomi, dan kebijakan publik.