Upgrade Sistem, Fireblocks Perluas Layanan ke Sektor Perbankan

Anggita Hutami

31st August, 2023

Fireblocks telah menjadi penyedia infrastruktur aset digital global sejak 2018 ini siap untuk melakukan ekspansi pasar ke sektor perbankan.

Fireblocks telah memperbarui teknologi Hardware Security Module (HSM) yang digunakannya agar dapat digunakan oleh klien secara praktis.

HSM adalah adalah perangkat keamanan fisik yang digunakan untuk menyimpan, mengelola, dan melindungi kunci enkripsi serta data sensitif lainnya.

Fireblocks juga telah melakukan peningkatan pada penyimpanan Multi-Party Computation – Composite Multi-Party (MPC-CMP) yang mencakup:

  • Dukungan HSM dengan antarmuka terbuka untuk memanfaatkan penyedia terkemuka seperti Thales, Securosys, dan HSM kompatibel lainnya
  • Dukungan yang diperluas untuk enclave aman berbasis cloud, termasuk AWS Nitro dan GCP, serta Alibaba Cloud SGX, ditambah dukungan Azure SGX yang sudah ada di Fireblocks
  • Memungkinkan pelanggan untuk menyimpan semua bagian kunci MPC di berbagai server di pusat data mereka dan cloud
  • Pusat data cloud baru di seluruh UE, Swiss, dan Hong Kong bersama dengan pusat data cloud Fireblocks yang ada di AS
  • Lingkungan cloud tunggal penyewa yang didedikasikan

MPC-CMP adalah teknologi yang membagi kunci enkripsi ke dalam beberapa bagian, memungkinkan banyak pihak berkontribusi pada proses enkripsi dan dekripsi. Teknologi ini meningkatkan keamanan dan mengurangi risiko kegagalan tunggal dalam kriptografi.

Baca juga: Fireblocks Temukan Kerentanan di Wallet Coinbase dan Binance

Kemitraan Fireblocks

Dalam tiga tahun terakhir, Fireblocks telah bekerja dengan beberapa bank dan lembaga keuangan paling terkenal di bagian terdepan industri aset digital dan kripto. Hingga saat ini, Fireblocks berhasil menjembatani 50 bank untuk menikmati teknologi aset digital.

Perusahaan yang dirintis oleh Shaulov ini telah bekerja sama dengan beberapa lembaga keuangan seperti BNY Mellon, BNP Paribas, ANZ Bank, NAB, ABN AMRO, BTG Pactual, Bursa Saham Tel Aviv, dan SIX Digital Exchange.

Bentuk kerja sama ini mencakup pengembangan layanan penyimpanan aset digital, perdagangan, kliring, penyelesaian, dan pengubahan produk keuangan seperti mata uang fiat, mata uang digital bank sentral (CBDC), kredit karbon, dan berbagai lainnya.

“Seiring dengan perkembangan ekosistem keuangan, kami berfokus pada peningkatan kemampuan inti kami dengan menjelajahi teknologi dan proses digital, termasuk teknologi blockchain,” kata CIO Digital Assets, Treasury Services, Clearance and Collateral Management di BNY Mellon, Sarthak Pattanaik.

Fireblocks senantiasa berupaya untuk memberikan solusi fleksibel yang memungkinkan bank dan lembaga keuangan untuk menggunakan layanannya dengan cepat dan mudah serta memenuhi persyaratan risiko, kepatuhan, dan regulasi.

Selain institusi perbankan, Fireblocks juga telah bermitra dengan lebih dari 20 perusahaan blockchain dan 1.000 proyek kripto.

“Dari awal, platform Fireblocks diciptakan dan dirancang untuk berorientasi pada bisnis. Kami memahami persyaratan risiko di bank pada tingkat arsitektural dan kami secara strategis mengembangkan komponen-komponen untuk memastikan bahwa pelanggan kami dapat beralih dari bukti konsep ke produksi dalam waktu sesingkat mungkin,” kata Co-Founder dan CEO Fireblocks, Michael Shaulov.

Baca Juga: Integrasi dengan Fireblocks, DIFX Tingkatkan Aset Hingga Ribuan Persen

Anggita Hutami

Menekuni bidang jurnalistik sejak 2017. Fokus pada isu investasi keuangan, ekonomi, dan kebijakan publik.

Menekuni bidang jurnalistik sejak 2017. Fokus pada isu investasi keuangan, ekonomi, dan kebijakan publik.