TVL Naik 26%, DeFi Mulai Berangsur Pulih

Anggita Hutami

3rd February, 2023

Kondisi pasar Decentralized Finance (DeFi) berangsur pulih di awal tahun 2023 menurut DAppradar. Laporan tersebut menunjukan Total Value Locked (TVL) meningkat sebesar 26,82% mencapai US$74,6 miliar dari bulan sebelumnya.

Pada sektor DeFi, semakin banyak TVL, semakin banyak likuiditas dan semakin tinggi kepercayaan yang diberikan pengguna pada platform tersebut. 

Total Value Locked DeFI
Sumber: DAppradar

Peningkatan TVL juga dirasakan oleh 10 blockchain. Peringkat teratas DeFi berhasil ditempati oleh Optimism, dengan peningkatan TVL sebesar 57,44%, mencapai US$808 juta. 

Menurut data Dappradar, Optimism memiliki rata-rata 174,810 transaksi per hari hingga 17 Januari 2023. Namun, setelah itu, rata-rata transaksi harian menurun menjadi 41,026, menunjukkan penurunan yang substansial sebesar 76,53%.

TVL 10 Blockchain. Sumber: DappRadar.

TVL Solana Naik Signifikan

Ethereum masih kokoh mempertahankan posisi sebagai jaringan blockchain dengan TVL terbesar dengan nilai US$48,6 miliar, naik 29% dari Desember.

Solana menjadi salah satu jaringan dengan peningkatan TVL terbesar, meningkat dari US$348 juta menjadi US$548 juta, dengan kenaikan lebih dari 50% presentase. 

Peningkatan Solana didorong oleh kinerja Marinade Finance yang mengalami peningkatan TVL sebesar 84,32% selama 30 hari terakhir, mencapai US$152 juta. 

Marinade Finance telah memperkenalkan skema insentif token untuk memberi penghargaan kepada pengguna yang menyetor token Solana (SOL) dengan imbalan mSOL, turunan pertaruhan likuid. 

Di sisi lain Avalanche berhasil mencapai US$2 miliar, dengan peningkatan 26,84%. Peningkatan ini kemungkinan besar dikarenakan pengumuman kemitraan dengan Amazon Web Services (AWS) untuk pengembangan blockchain.

Lido Jadi Protokol DeFi Terbesar

Lido Finance juga menjadi protokol DeFi terbesar, menggulingkan Maker DAO bulan ini. Ini didorong oleh meningkatnya popularitas protokol liquid staking derivatif (LSD), ditambah dengan kenaikan Ether secara signifikan sebesar 33% selama 30 hari terakhir.

Pergeseran Ethereum ke proof-of-stake (PoS) mampu meningkatkan minat pada Lido, karena proyek ini memberikan solusi staking yang memungkinkan pengguna mengakses staking Ether tanpa melakukan minimum 32 ETH tradisional. Lido bergerak cepat memanfaatkan peluang ini.

Pendorong kenaikan Lido juga dihubungkan dengan upgrade Shanghai ETH yang dijadwalkan pada Maret 2023. Upgrade Shanghai memberi kesempatan bagi protokol staking likuiditas untuk tumbuh, dan token tata kelola dari beberapa protokol ini telah melonjak sejak awal 2023.

Baca Juga: Upgrade Shanghai Ethereum Masuk Tahap Uji Coba Penarikan Staking

Di posisi selanjutnya yaitu, Coinbase WETH dan Rocket Pool yang menjadi DApp paling populer untuk staking liquid derivatif ETH.

Baca juga: 5 Wallet DeFi Terbaik untuk Menjaga Kripto Tetap Aman

Anggita Hutami

Menekuni bidang jurnalistik sejak 2017. Fokus pada isu investasi keuangan, ekonomi, dan kebijakan publik.

Menekuni bidang jurnalistik sejak 2017. Fokus pada isu investasi keuangan, ekonomi, dan kebijakan publik.