Trezor Kebobolan Data, Aset Kripto Pengguna Masih Aman

Ary Palguna

22nd January, 2024

Trezor, salah satu penyedia cold wallet aset kripto memulai penyelidikan terhadap insiden keamanan yang terjadi pada 18 Januari 2024 pukul 05.00 WIB.

Insiden ini mengakibatkan akses tidak sah ke portal customer support perusahaan dan terbobolnya 66.000 informasi kontak pengguna yang telah berinteraksi dengan Trezor Support sejak Desember 2021.

Informasi yang bocor termasuk nama dan alamat email pengguna. Trezor memberikan jaminan kepada pengguna bahwa aset kripto mereka tetap aman dari insiden ini.

Baca juga: Mengenal Hardware Wallet dan Rekomendasinya

Trezor Segera Lakukan Penyelidikan

Dalam upaya melindungi pengguna dan menjaga transparansi, Trezor telah mengambil tindakan segera. Perusahaan telah memberi tahu semua pengguna yang mungkin terkena dampak oleh peretasan ini. Trezor mengharapkan semua pengguna yang terpengaruh akan menerima email pemberitahuan resmi dalam waktu 12 jam.

Trezor menegaskan bahwa insiden keamanan ini tidak mempengaruhi aset kripto pengguna. Pelanggaran ini terbatas pada kebocoran data meliputi nama dan alamat email dan tidak melibatkan aset kripto yang disimpan di wallet Trezor.

Penyelidikan Trezor masih berlanjut, dan perusahaan aktif bekerja untuk mengetahui seluruh lingkup insiden keamanan ini. Ini termasuk mengidentifikasi kerentanan yang dieksploitasi selama pelanggaran dan memahami motif di baliknya.

Selama penyelidikan awal, terungkap bahwa pihak yang bertanggung jawab atas kejadian ini telah menghubungi 41 pengguna melalui email. Pengguna ini menjadi target permintaan informasi sensitif, khususnya seed phrase wallet mereka.

Trezor sangat menyarankan semua pengguna untuk berhati-hati ketika menerima email phishing yang meminta informasi sensitif, termasuk seed phrase wallet. Komunikasi resmi dari Trezor selalu dilakukan melalui saluran dan email resmi.

Baca juga: Ledger Connect Kit Kena Phishing, Puluhan DApps Terdampak

Ary Palguna

Lulusan Matematika ITB yang menggemari kripto sejak 2017. Sedang fokus dalam riset ekonomi makro dan kripto beserta teknologinya.

Lulusan Matematika ITB yang menggemari kripto sejak 2017. Sedang fokus dalam riset ekonomi makro dan kripto beserta teknologinya.