Standard Chartered Optimis Harga ETH ke US$4.000, Imbas ETF Ethereum Spot 

Anisa Giovanny

31st January, 2024

Bank Standard Chartered Bank memprediksi ETF Ethereum spot akan disetujui oleh Komisi Sekuritas dan Bursa (SEC) pada 23 Mei mendatang.

Bank tersebut juga memprediksi harga ETH bisa mencapai US$4.000 sebelum persetujuan diberikan. Sementara itu, harga ETH per artikel ini dirilis masih berada di level US$2.330 berdasarkan data dari Coinmarketcap.

Dalam laporan Standard Chartered yang ditulis Geoffrey Kendrick, kepala penelitian forex dan aset digital Standard Chartered Bank itu disebutkan aplikasi yang tertunda untuk ETF Ethereum di AS akan disetujui pada 23 Mei yang merupakan batas waktu akhir pertama untuk ETF yang sedang dipertimbangkan. 

Prediksi ini juga didukung dengan fakta SEC belum mengkategorikan ETH sebagai sekuritas dalam tindakan hukumnya terhadap perusahaan kripto, dan ETH dicatat sebagai kontrak berjangka yang diatur di Chicago Mercantile Exchange.

Kendrick juga mengomentari pembaruam Dencun atau Proto-danksharding Ethereum yang akan datang dan mengatakan itu akan menguntungkan harga ETH.

“Secara keseluruhan, upgrade ini seharusnya melihat lebih banyak nilai yang ditangkap dalam ekosistem ETH karena biaya Layer 2 yang lebih rendah membuat ETH lebih kompetitif, dan staking yang lebih lambat harus menjaga hadiah staking lebih tinggi untuk waktu yang lebih lama. Kedua hal ini positif untuk harga ETH,” katanya.

Baca juga: Upgrade Dencun Ethereum Telah Rilis di Sepolia

Standard Chartered Optimis dengan Kripto

Kendrick secara umum memiliki pandangan optimis terhadap kripto, terutama mengenai tren harga. Sebelum persetujuan ETF bitcoin spot, ia menyatakan bahwa dana tersebut diharapkan menarik aliran masuk US$50-US$100 miliar tahun ini, dan sebagai hasilnya, harga bitcoin bisa naik menjadi US$100.000 pada akhir tahun dan US$200.000 pada akhir 2025. 

“Prediksi harga US$100.000 “masih terlihat dapat dicapai,” kata Kendrick dalam laporannya. Menurutnya aliran masuk yang stabil di ETF Bitcoin spot akan secara bertahap meningkatkan harga Bitcoin.

Persetujuan ETF Ethereum oleh SEC akan menjadi tonggak penting dalam sejarah kripto, membuka peluang baru bagi investor dan meningkatkan legitimasi Ethereum di mata investor institusional. Namun, pasar harus tetap waspada terhadap potensi volatilitas dan perubahan regulasi yang dapat mempengaruhi dinamika pasar. 

Baca juga: Inflow ETF Bitcoin Spot FBTC dan IBIT Lampaui Outflow GBTC

Anisa Giovanny

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency