Waspada, Stablecoin PayPal PYUSD Palsu Mulai Beredar di DEX!

Anggita Hutami

9th August, 2023

PayPal telah meluncurkan stablecoin bernama PayPal USD (PYUSD) pada Senin (7/8/2023). Belum genap sepekan, versi palsu dari PYUSD telah ditemukan beredar di pertukaran terdesentralisasi (DEX) (8/8/2023).

DEXTools menemukan lebih dari 66 token palsu muncul di jaringan Ethereum, BNB Chain, dan Base. Dari banyaknya token palsu yang ditemukan, di antaranya adalah versi palsu dari PYUSD. Hal ini diketahui setelah analis menemukan perbedaan dalam smart contract yang digunakan.

Tangkapan layar smart contract palsu PYUSD.
Sumber: Etherscan

Sebagian besar stablecoin PYUSD yang beredar di DEX mungkin merupakan pothoneypots. Investor tidak bisa menjual PYUSD palsu setelah membelinya.

PYUSD palsu itu dilaporkan telah mengalami kenaikan harga 30.000%. Namun, kenaikan nilai PYUSD tidak bertahan lama. Setelah terungkap bahwa versi palsu nilai PYUSD langsung merosot 66%.

Modus PYUSD Palsu

Modus yang dilakukan oleh pembuat PYUSD palsu yaitu dengan menyediakan likuiditas melalui ETH atau token lain. Kemudian, mereka menjualnya di DEX. Hal ini memberikan kesan bahwa token ini sedang diminati, padahal sebenarnya digunakan sebagai honeypot (perangkap).

Di situasi tertentu, pengembang palsu kemungkinan akan mengambil semua likuiditas dari token palsu secepatnya setelah token tersebut diluncurkan. Hal ini mengakibatkan harga token palsu turun hingga 100% dan membuat token yang baru dibeli tidak memiliki nilai sama sekali.

Keberadaan DEX memudahkan penerbitan cepat, penyediaan likuiditas, dan perdagangan token ini. Namun, di sisi lain, hal ini membawa risiko peningkatan potensi penipuan.

Baca Juga: PayPal Ekspansi Jasa Crypto ke Inggris, Dorong Adopsi Lebih Tinggi

Anggita Hutami

Menekuni bidang jurnalistik sejak 2017. Fokus pada isu investasi keuangan, ekonomi, dan kebijakan publik.

Menekuni bidang jurnalistik sejak 2017. Fokus pada isu investasi keuangan, ekonomi, dan kebijakan publik.