Solana Bersinar di 2023, Begini Prediksi Harga SOL 2024

Ary Palguna

26th December, 2023

Solana (SOL), salah satu kripto dengan marketcap besar, mencatatkan kenaikan yang signifikan dalam sebulan terakhir.

Harga SOL meningkat sekitar +1.000% atau 11 kali lipat dari US$10 ke US$112 sejak awal tahun 2023. Adapun beberapa kemungkinan faktor penyebab kenaikan harga ini dirangkum pada artikel berikut, serta prediksi harga SOL di tahun 2024.

Solana Catatkan Kenaikan Harga Signifikan

Solana kalahkan performa harga top 10 kripto berdasarkan marketcap dalam sebulan terakhir dengan sempat mencatatkan kenaikan harga +466% dari US$21,9 ke US$124 (harga tertinggi di tahun 2023).

Per 13 November 2023, SOL diperdagangkan pada harga US$57,3, telah mengalami koreksi -10,3% dari harga tertinggi 2023. Terhitung dari awal tahun 2023, SOL telah mengalami kenaikan sebesar +1.024%.

solana
Gambar: Grafik harga SOL

Dengan kenaikan harga yang signifikan dalam sebulan terakhir, trader dengan posisi SHORT pada market futures mengalami rugi yang dominan. Posisi SHORT mendominasi likuidasi market futures SOL yakni 57,5% atau sebesar US$117,7 juta dalam sebulan terakhir. Sementara posisi LONG mencatatkan likuidasi sebesar US$87 juta atau 42,5%.

Rasio likuidasi antara kedua posisi yang hampir mendekati satu mengindikasikan bahwa walaupun harga SOL meningkat secara signifikan, terdapat koreksi yang terjadi secara singkat dan tiba-tiba sehingga melikuidasi posisi LONG dengan porsi yang cukup besar.

solana
Gambar: Tingkat likuidasi posisi futures SOL. Sumber: Coinglass

Beberapa Faktor Penyebab Kenaikan Harga SOL

Penyebab kenaikan harga suatu aset kripto itu tidak menentu, akan tetapi berikut adalah temuan dari analis Coinvestasi menyoal kemungkinan penyebab kenaikan harga SOL dalam sebulan terakhir.

Peningkatan Minat Terhadap dApps pada Solana

Minat komunitas kripto terhadap dApps pada Solana mengalami peningkatan dalam sebulan terakhir. Hal ini terlihat dari total nilai terkunci (total value locked, TVL) pada dApps yang meningkat hampir dua kali lipat dari US$1,1 miliar ke US$2,1 miliar.

solana
Gambar: TVL jaringan Solana. Sumber: DefiLlama

Meningkatnya TVL dapat berkontribusi terhadap kenaikan harga SOL. Hal ini disebabkan karena para pengguna dApps mengunci sebagian aset dalam bentuk SOL, sehingga demand meningkat. Salah satu dApps lending Solana, Solend.fi, memiliki TVL sebesar US$147,4 juta dengan jumlah SOL terkunci pada platform ini setara US$109 juta.

Gambar: TVL Solend.fi. Sumber: DefiLlama

Baca juga: Solana Catat TVL dan Harga Mengesankan Awal Pekan Ini

Peningkatan Aktivitas Jaringan

Selain diukur dari besar dan jumlah dana/inflow yang masuk ke jaringan Solana, aktivitas jaringan juga perlu diperhatikan. Dalam sebulan terakhir, aktivitas jaringan Solana juga meningkat. Hal ini terlihat dari gas fee harian yang dibayarkan pengguna, meningkat konsisten dalam sebulan terakhir.

Gas fee harian pada bulan Oktober memiliki rata-rata di sekitar US$45.000. Sementara pada data terbaru (12/11/23), gas fee harian mencapai US$108.000, lebih dari dua kali lipat rata-rata bulan Oktober.

solana fee
Gambar: Gas fee harian jaringan Solana. Sumber: DefiLlama

Meningkatnya gas fee dapat berkorelasi dengan kenaikan harga SOL sebab gas fee dibayarkan dalam bentuk SOL sehingga pengguna mesti membeli atau mempunyai SOL untuk melakukan transaksi.

Adapun aktivitas yang kemungkinan besar berkontribusi dalam kenaikan gas fee ini adalah beberapa proyek pada Solana berpotensi memberikan airdrop. Hal ini menyebabkan beberapa orang cenderung melakukan transaksi agar memenuhi syarat airdrop. Beberapa proyek yang berpotensi airdrop adalah Jupiter Exchange dan Pyth Network.

Sentimen Positif Market Kripto dan Menembus EMA 50

Kuartal empat 2023 ini memiliki sentimen positif terhadap market kripto yakni perkembangan pengajuan ETF Bitcoin dari berbagai perusahaan manajemen investasi. Tak hanya mengerek harga Bitcoin naik, tetapi juga harga altcoin termasuk Solana.

Disamping sentimen yang positif, pergerakan harga SOL berhasil menembus dan menguji resistance dinamis EMA 50. Dalam timeframe satu hari, EMA 50 telah menjadi resistance yang sulit ditembus SOL sejak April 2022 hingga awal tahun 2023. Indikator RSI juga menunjukan SOL sangat oversold ketika menyentuh harga US$7,9 pada akhir Desember 2022.

solana
Gambar: Grafik harga SOL

Harga SOL menembus EMA 50 pada awal Oktober 2023 dan berhasil berada di atasnya secara konsisten hingga menembus harga tertinggi US$63,9.

Perlu diperhatikan bahwa kondisi saat ini (13/11/23) berdasarkan indikator RSI, SOL sedang menunjukan overbought dengan nilai RSI 87.8.

Baca juga: Apa Itu Solana? Panduan Lengkap untuk Pemula

Prediksi Harga Solana 2024

Tahun 2023, hingga bulan November ini, menjadi tahun yang sangat bagus bagi SOL dengan peningkatan harga +1.024%. Tahun 2024 kemungkinan besar juga menjadi tahun yang baik, namun diawali dengan koreksi harga terlebih dulu. Berikut adalah analisis harga SOL di tahun 2024.

Pergerakan harga SOL yang melonjak signifikan sebulan terakhir membuat indikator RSI pada grafik timeframe harian menunjukan sinyal overbought, yang berarti SOL sudah berada di titik jenuh kenaikan. Hal ini mengindikasikan kemungkinan akan adanya tekanan jual yang menyebabkan koreksi harga.

Berdasarkan histori pergerakan harga SOL sebelumnya, tedapat support di level harga US$65. Support paling ekstrim adalah di US$35 dimana harga ini adalah ketika peristiwa runtuhnya FTX dimulai pada November 2022. Jika koreksi benar akan terjadi, maka level harga US$35 layak untuk diperhatikan.

solana
Gambar: Perkiraan grafik harga SOL tahun 2024

Perlu diingat bahwa tahun depan terdapat peristiwa Bitcoin halving. Berdasarkan peristiwa sebelumnya, Bitcoin dan altcoin akan mengalami reli menjelang akhir tahun. Untuk Bitcoin dan beberapa altcoin seperti Ethereum, bahkan mencapai ATH sebelumnya, di akhir tahun setelah halving.

Namun untuk Solana, terdapat kemungkinan bahwa harga SOL tidak mencapai ATH di tahun 2024 sebab harga saat ini (13/11/23) yang masih cukup jauh terhadap ATH, yakni -78% dari harga tertinggi US$267,5.

Secara teknikal, terdapat resistance di level harga US$80 dan US$100, sehingga prediksi harga tertinggi SOL di tahun 2024 akan berkisar pada rentang US$100 – US$140.

Baca juga: Harga Solana (SOL) Ada Potensi Bull Trap, Begini Analisisnya

Ary Palguna

Lulusan Matematika ITB yang menggemari kripto sejak 2017. Sedang fokus dalam riset ekonomi makro dan kripto beserta teknologinya.

Lulusan Matematika ITB yang menggemari kripto sejak 2017. Sedang fokus dalam riset ekonomi makro dan kripto beserta teknologinya.