Sidang Mantan CEO Binance, Changpeng Zhao Ditunda

Anisa Giovanny

13th February, 2024

Sidang mantan CEO Binance, Changpeng Zhao, yang dijadwalkan pada 23 Februari waktu Amerika Serikat ditunda menjadi 30 April 2024. Penjadwalan ulang sidang ini telah diajukan ke Pengadilan Federal Seattle pada 12 Februari.

Zhao didakwa melakukan pencucian uang dan pelanggaran sanksi oleh Departemen Kehakiman AS pada bulan November setelah penyelidikan selama bertahun-tahun. Dalam sidang nanti Zhao akan menghadapi pembacaan tuntutan dan diperkirakan akan menghadapi 18 bulan penjara. 

Menurut mantan pejabat Komisi Sekuritas dan Bursa AS John Reed Stark, Zhao dapat menghadapi hukuman 12-18 bulan di penjara dengan keamanan minimum berdasarkan pedoman hukuman AS.

Namun, tim kuasa hukumnya kemungkinan besar tidak akan meminta hukuman penjara atau hukuman alternatif dan meminta untuk menggabungkan masa penjara dengan tahanan rumah dan masa percobaan.

Zhao saat ini dibebaskan dengan jaminan sebesar US$175 juta dan tinggal di Amerika Serikat menunggu hukumannya. Ia telah dilarang oleh pengadilan bepergian ke luar AS, termasuk ke Dubai tempat di mana istri dan anaknya tinggal.

Menurut hakim tidak adanya kerja sama ekstradisi antara UEA dan AS akan menyulitkan pengadilan jika Zhao tidak kooperatif kembali ke AS sesuai tanggal yang ditentukan. 

Baca juga: Hakim Sebut Changpeng Zhao Harus Tetap AS

Changpeng Zhao Muncul Lagi di X

Baru-baru ini, Zhao muncul kembali di media sosial X dengan mengucapkan Selamat Tahun Baru Imlek kepada semua orang menjelang perayaan yang dimulai pada 10 Februari. Tanggapan terhadap pesan liburan CZ umumnya positif, dan banyak yang mengucapkan selamat tahun baru kepadanya. 

Pada 21 November, Zhao mengaku bersalah karena gagal mempertahankan program anti pencucian uang yang efektif di Binance dan mencapai penyelesaian US$4,3 miliar dengan pemerintah AS karena diduga mengizinkan individu yang terlibat dalam aktivitas terlarang untuk mentransfer dana melalui bursa. Dia mengundurkan diri sebagai CEO pertukaran kripto sebagai bagian dari penyelesaian.

Baca juga: Changpeng Zhao Resmi Resign dari Binance dan Bayar Denda ke AS

Anisa Giovanny

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency