Ramai Airdrop di Ekosistem Solana, Penyebab Harga SOL Naik?

Ary Palguna

6th December, 2023

Setelah Solana dihantam oleh peristiwa kebangkrutan FTX pada November 2022, banyak platform di ekosistem Solana juga tumbang. Namun, tahun 2023 berkata berbeda. Beberapa developer melihat anjloknya ekosistem Solana sebagai kesempatan untuk membangun produk.

Sebagai contoh, proyek baru di sektor oracle, Pyth Network, berhasil mencuri perhatian komunitas kripto dengan airdrop dan kemudian mencatatkan kapitalisasi pasar sebesar US$735 juta per artikel ini ditulis (6/12/23). Proyek DEX, Jupiter Exchange, juga menarik perhatian dengan pembagian airdrop kepada early user.

Penggunaan metode airdrop menjadi salah satu cara yang ampuh untuk menarik pengguna dan juga dana yang masuk ke suatu protokol/ekosistem. Artikel ini membahas pengaruh airdrop pada ekosistem Solana dan platform tanpa token yang berpotensi airdrop.

Pengaruh Airdrop Pada Ekosistem Solana

Airdrop adalah metode membagikan porsi koin/token dari sebuah protokol kepada peserta yang memenuhi syarat. “Peserta yang memenuhi syarat” yang dimaksud sebagian besar adalah pengguna yang berpartisipasi dalam pemakaian layanan protokol atau aktivitas yang berkaitan pada protokol tersebut.

Efek dari persyaratan tersebut adalah adanya arus dana masuk menuju protokol sebab penggunaan layanan hampir pasti menggunakan dana nyata. Hal ini akan meningkatkan metrik total nilai terkunci (total value locked, TVL).

tvl solana
Gambar: TVL ekosistem Solana. Sumber: DefiLlama

Pyth Network memberikan airdrop pada awal November 2023. Masih di bulan yang sama, Jupiter Exchange juga mengumumkan airdrop kepada pengguna awal. Hal ini membuat orang berspekulasi terhadap platform di ekosistem Solana yang belum memiliki token, dengan harapan akan memberikan airdrop.

Spekulasi di atas kemungkinan besar berkontribusi terhadap TVL Solana yang meningkat signifikan pada periode awal November 2023 hingga artikel ini ditulis (6/12/23). TVL Solana meningkat dari US$1,55 miliar ke US$2,55 miliar, dengan persentase kenaikan +64,5%.

Di sisi lain, aktivitas jaringan Solana juga meningkat dalam periode yang sama, terlihat dari jumlah wallet aktif harian yang mengalami peningkatan dari sekitar 268 ribu di awal November 2023 menjadi sekitar 400 ribu per 6 Desember 2023.

active wallet solana
Gambar: Grafik jumlah wallet aktif harian Solana. Sumber: The Block

Berbicara harga, di periode yang sama antara awal November 2023 hingga saat ini, harga SOL telah naik +66,5% dari US$37,91 ke US$63,14. Hal ini menunjukkan korelasi positif antara meningkatnya TVL, aktivitas jaringan, dan pergerakan harga.

solana chart
Gambar: Kenaikan harga SOL sejak awal November 2023

Kenaikan harga kemungkinan besar disebabkan oleh penggunaan SOL di berbagai platform. Sebagai contoh: pengguna menggunakan SOL sebagai jaminan di platform lending, pembelian SOL yang digunakan untuk gas fee, dan juga yield farming yang mengharuskan untuk mengunci SOL. Hal tersebut secara langsung meningkatkan permintaan terhadap SOL.

Secara ringkas, kemungkinan besar pengaruh airdrop kepada ekosistem Solana menyebabkan peningkatan pada TVL, aktivitas jaringan, dan juga peningkatan harga SOL.

Proyek yang Telah Airdrop di Ekosistem Solana

Berikut adalah proyek-proyek yang telah memberikan airdrop di ekosistem Solana:

Pyth Network

Proyek oracle Pyth Network, telah mengumumkan rencana pembagian airdrop pada awal November 2023. Rencana tersebut terlaksana pada 20 November 2023 dengan 250 juta token PYTH dialokasikan untuk airdrop kepada sekitar 90 ribu wallet yang memenuhi syarat.

Baca juga: Pyth Network Sukses Lakukan Airdrop 250 Juta Token

Jupiter Exchange

Platform DEX Jupiter Exchange, telah menyelesaikan perhitungan distribusi airdrop token JUP kepada pengguna awal DEX. Terdapat tiga tingkat (tier) penerima airdrop: Tier 1 menerima sekitar 100 ribu JUP, tier 2 menerima sekitar 20 ribu JUP, dan tier 3 menerima mulai dari 1.200 JUP. Perdagangan token JUP masih belum ada hingga pengumuman lebih lanjut.

Jito

Jito adalah platform liquid staking dengan token LST JitoSOL. Proyek ini mengumumkan airdrop token native JTO sebanyak 10% dari total supply kepada wallet yang memenuhi syarat.

Pencatatan (snapshot) wallet yang memenuhi syarat telah dilakukan pada 2 November 2023 sehingga airdrop sudah berakhir.

Proyek Tanpa Token di Ekosistem Solana

Beberapa proyek baru bermunculan di ekosistem Solana dan menunjukkan perkembangan yang pesat. Berikut adalah proyek tanpa token yang berpotensi airdrop.

Marginfi

Marginfi adalah platform lending yang belum memiliki token, dan menempati peringkat dua secara TVL (di bawah Solend, namun proyek ini sudah memiliki token).

Sejak tren airdrop berhembus di ekosistem Solana, TVL Marginfi mengalami peningkatan hampir tiga kali lipat dari US$55 juta ke US$152 juta.

Marginfi berpotensial memberikan airdrop sebab terdapat mekanisme pengumpulan poin untuk setiap aktivitas lending dan borrowing pada platform. Hal ini mengindikasikan bahwa agar memenuhi persyaratan airdrop, kemungkinan besar pengguna mesti mendepositkan aset menuji Marginfi sebagai jaminan (lending), dan meminjam aset dari platform (borrowing), serta mengumpulkan poin sebanyak-banyaknya.

Drift Protocol

Drift Protocol adalah platform perpetual trading dimana pengguna dapat melakukan trading futures secara terdesentralisasi. TVL dari platform ini juga meningkat pesat sebanyak hampir dua kali lipat sejak awal November 2023, dari US$24,9 juta ke US$46,6 juta.

Gambar: TVL Drift Protocol. Sumber: DefiLlama

Sama seperti Marginfi, Drift juga memiliki mekanisme pengumpulan poin untuk setiap aktivitas di platform seperti: membuka posisi futures dan undangan melalui referral.

Aktivitas yang kemungkinan besar akan memposisikan pengguna untuk mendapatkan airdrop seandainya terjadi adalah: membuka posisi futures pada pasang perdagangan yang ada pada platform dan mencatatkan volume perdagangan sebesar-besarnya.


Euforia airdrop yang terjadi di ekosistem Solana menjadi salah satu faktor yang membantu Solana bangkit dari keterpurukan sejak akhir tahun 2022. Hal ini memberikan jaringan Solana peningkatan aktivitas, kenaikan jumlah nilai terkunci, dan juga harga SOL yang telah meningkat lebih dari +500% sejak awal tahun 2023.

Selain itu, airdrop bersifat retroaktif (melakukan aktivitas tertentu pada platform) bisa jadi peluang yang bagus sebab beberapa proyek pada ekosistem Solana masih belum meluncurkan token, memungkinkan adanya airdrop di kemudian hari.

Ary Palguna

Lulusan Matematika ITB yang menggemari kripto sejak 2017. Sedang fokus dalam riset ekonomi makro dan kripto beserta teknologinya.

Lulusan Matematika ITB yang menggemari kripto sejak 2017. Sedang fokus dalam riset ekonomi makro dan kripto beserta teknologinya.