Proyek GameFi di L2 Blast, SSS Kena Hack US$4,6 Juta

Ary Palguna

22nd March, 2024

Super Sushi Samurai (SSS), sebuah GameFi di layer-2 Blast mengalami eksploitasi smart contract yang menyebabkan kerugian sekitar US$4,6 juta.


Seperti yang dilaporkan perusahaan audit dan keamanan siber CertiK, sebuah eksploitasi terjadi pada 21 Maret 2024 terhadap sebuah proyek GameFi Super Sushi Samurai (SSS).

Peretas memanfaatkan bug transfer token dalam smart contract dengan membeli 690 juta token SSS, token native dari game ini. Kemudian, peretas ini menggandakan token tersebut sebanyak 25 kali lipat untuk mendapatkan sekitar 11,5 triliun token dan menukarkannya dengan 1.310 ETH.

blast sss
Gambar: Grafik harga token SSS. Sumber: Dexscreener.

Akibat penjualan yang masif ini, harga token SSS anjlok -99% dan hanya menyisakan sedikit likuiditas pada perdagangan.

Melalui postingan di platform X, tim SSS menyatakan bahwa mereka dalam kontak dengan peretas, yang diduga adalah peretas white hat, dan kedua belah pihak sedang bekerja untuk pengembalian dana dengan aman.

Super Sushi Samurai adalah game idle sederhana yang dapat dimainkan melalui aplikasi pesan Telegram. Saat ini terbatas bagi pemain yang memiliki kode akses, untuk dapat memainkan game ini.

Baca juga: Blast Rilis Mainnet, ETH Senilai US$400 Juta Ditarik!

Ary Palguna

Lulusan Matematika ITB yang menggemari kripto sejak 2017. Sedang fokus dalam riset ekonomi makro dan kripto beserta teknologinya.

Lulusan Matematika ITB yang menggemari kripto sejak 2017. Sedang fokus dalam riset ekonomi makro dan kripto beserta teknologinya.