Produk Investasi Kripto Capai Rekor Baru, Raih Inflow US$2,7 Miliar

Anisa Giovanny

12th March, 2024

Pasar kripto yang berkinerja positif dalam sepekan terakhir membuat produk investasi kripto mencapai rekor baru, yakni US$2,7 miliat secara global dalam satu minggu, menurut laporan CoinShares, (11/3/2024).

Gambar: Arus masuk investasi kripto global. Sumber: CoinShares.

Rekor arus masuk itu Ini membawa total inflasi year-to-date (YTD) menjadi US$10,3 miliar, mendekati rekor US$10,6 miliar yang tercatat sepanjang tahun 2021. Selain itu, volume perdagangan mingguan juga mencetak rekor baru sebesar US$43 miliar, dengan aset di bawah manajemen mencapai puncak baru sebesar US$94 miliar.

Baca juga: Harga Tertinggi Bitcoin Terbaru US$72 Ribu, Market Cap Salip Perak!

Bitcoin Mendominasi, Solana Tarik Minat Investor

Bitcoin terus mendominasi sebagai fokus utama produk investasi, dengan inflow atau arus masuk mencapai US$2,6 miliar dalam minggu tersebut. Keberhasilan ini didorong oleh minat yang substansial pada ETF Bitcoin spot di AS, yang terus menambah ribuan koin setiap harinya. BlackRock dan Fidelity, dengan produk ETF IBIT dan FBTC mereka, mencatatkan arus masuk harian rekor selama pekan tersebut.

Di sisi lain, produk investasi berbasis altcoin juga menunjukkan pergerakan yang menarik. Solana, misalnya, kembali mencatatkan inflasi sebesar US$24 juta dalam seminggu, menandakan kembali minat investor terhadap aset ini. Namun, produk investasi berbasis Ether mengalami minggu yang kurang menguntungkan dengan outflow atau arus keluar sebesar US$2,1 juta.

Arus masuk fantastis ini menunjukkan beberapa hal penting bagi pasar kripto. Pertama, adanya peningkatan kepercayaan dan minat investor terhadap produk investasi kripto, khususnya Bitcoin.

Kedua, persetujuan ETF Bitcoin spot di AS telah membuka pintu bagi lebih banyak dana institusional untuk masuk ke pasar kripto, yang bisa membawa volatilitas dan likuiditas baru.

Ketiga, meskipun dominasi Bitcoin tetap kuat, minat terhadap altcoin seperti Solana menunjukkan bahwa investor juga mencari diversifikasi dalam portofolio kripto mereka.

Rekor inflasi produk investasi kripto yang baru-baru ini tercatat menandakan era baru dalam penerimaan dan integrasi kripto ke dalam ekosistem keuangan mainstream. Dengan volume perdagangan yang mencapai rekor baru dan aset di bawah manajemen yang terus meningkat, industri kripto menunjukkan potensi pertumbuhan yang menarik untuk terus diperhatikan.

Baca juga: Inflow ETF Bitcoin Spot FBTC dan IBIT Lampaui Outflow GBTC

Anisa Giovanny

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency