Penghasilan Miner Bitcoin Capai Rekor US$2 Miliar Menjelang Halving

Anisa Giovanny

2nd April, 2024

Data dari Coinwarz menunjukkan bahwa halvinhg Bitcoin dijadwalkan berlangsung pada19 April 2024, pada Blok 840,000. Proyeksi ini berdasarkan waktu blok rata-rata Bitcoin saat ini.

Menjelang halving, menurut laporan dari News Bitcoin, pendapatan penambang Bitcoin mencapai tingkat tertinggi dalam 12 bulan terakhir, dengan total US$2,01 miliar, di mana US$85,81 juta di antaranya berasal dari biaya transaksi. Pencapaian ini melampaui puncak sebelumnya pada Mei 2021, saat pendapatan penambangan mencapai US$1,74 miliar.

Pendapatan penambang Bitcoin. Sumber: Theblock.

Selama bulan Maret, harga hash juga konsisten melampaui $100 per PH/s per hari. Harga hash ini merujuk pada nilai yang diharapkan dari 1 PH/s kapasitas hashing.

Dalam periode yang sama, kumpulan penambangan Bitcoin menambang 4,412 blok, dengan Foundry USA memimpin dengan total 1.312 blok, yang menyumbang sekitar 29,74% dari total jaringan. Antpool menempati posisi kedua dengan 989 blok atau 22,42% dari total, diikuti oleh Viabtc, F2pool, dan Binance Pool.

Baca juga: 34 Hari lagi Halving, Miner Makin Susah Mining Bitcoin

Perusahaan Mining Bersiap untuk Halving Bitcoin

Menyambut halving, berbagai perusahaan mining telah memulai persiapan. Perusahaan-perusahaan seperti Marathon Digital dan CleanSpark telah proaktif mengakuisisi lokasi dan memodernisasi armada peralatan mereka untuk meningkatkan efisiensi dan mengurangi biaya.

Mereka juga berusaha mendiversifikasi model bisnis mereka dan memasuki pasar baru, dengan investasi besar-besaran pada peralatan penambangan baru. Perusahaan seperti Riot Platforms dan Bitfarms telah melakukan pemesanan besar untuk memperkuat efisiensi operasional mereka.

Pasca-halving, diperkirakan akan terjadi konsolidasi sektor ini, dengan perusahaan-perusahaan menggunakan neraca mereka untuk pertumbuhan dan akuisisi dan fokus pada ekspansi yang hemat biaya.

Baca juga: Menuju Halving Bitcoin 2024, Perusahaan Mining Siapkan Langkah Strategis

Anisa Giovanny

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency