NFT Trump Kembali Populer, Ini Alasannya!

Anggita Hutami

14th February, 2023

Koleksi NFT Donald Trump menyedot perhatian masyarakat setelah mencapai ATH pada Minggu (12/2). Ada sejumlah faktor yang membuat NFT Trump kembali muncul ke permukaan, antara lain dipulihkannya akun media sosial Trump.

Baca Juga: Yuk! Mengenal Apa Itu NFT

NFT Trump Sentuh ATH pada Awal Februari 2023

Kartu NFT Donald Trump menyentuh ATH US$1.000 pada Minggu (12/2) berdasarkan data NFT Price Floor. Namun, data NFTPriceFloor menunjukkan, saat ini (14/2) harga NFT Trump jatuh 2,22% diperdagangkan di harga 0,6248 ETH.

Sebelumnya, NFT Donald Trump pertama kali diperdagangkan seharga US$99, mitra bisnis Trump berhasil menjual 44.000 dari 45.000 koleksi pada pertengahan Desember 2022.

Penjualan NFT Donald Trump meroket sejak 17 Desember 2022 dan diperdagangkan pada level harga US$990 di platform OpenSea. Namun, antusiasme pasar hanya berumur pendek dan harga jatuh pada hari berikutnya.

Aktivitas penjualan NFT baru-baru ini di OpenSea menunjukkan bahwa pedagang NFT yang berpengalaman telah menimbun kartu tokenized Trump dan akan menjualnya di saat aset itu naik.

Baca Juga: NFT Donald Trump Hasilkan Penjualan 43 Miliar Rupiah!

Akun Twitter Sosial Trump Mulai Dipulihkan

Pedagang berspekulasi tentang kenaikan NFT tersebut saat Trump muncul kembali ke platform media sosial. Akunnya di Twitter, Facebook, dan Instagram baru sajaj dipulihkan dipulihkan. Tercatat tweet terakhir Trump pada 8 Januari 2021, setelah Elon Musk membeli Twitter, ia memulihkan akun Trump pada November 2022.

Terlebih lagi, Twitter menjadi salah satu media sosial yang banyak diminati oleh para pemain kripto maupun pelaku industri NFT.

Sementara itu, Meta (Facebook) baru saja mengumumkan rencananya untuk memulihkan akses akun milik Trump.

Kontroversi NFT Trump

Tak lepas dari karakter kontroversialnya, NFT Donald Trump juga menuai pro-kontra di berbagai kalangan. Ini dimulai dari Tweet Donald Trump mengenai skeptisismenya pada Bitcoin dan sejenisnya.

Mantan kandidat kongres Partai Republik, Robby Starbuck berkomentar bahwa peluncuran NFT Donald Trump bukanlah jenis pertarungan yang ingin dilihat warga modern seperti sekarang.

Anggita Hutami

Menekuni bidang jurnalistik sejak 2017. Fokus pada isu investasi keuangan, ekonomi, dan kebijakan publik.

Menekuni bidang jurnalistik sejak 2017. Fokus pada isu investasi keuangan, ekonomi, dan kebijakan publik.