NFT Pudgy Penguins Dihargai US$50.000, Saingi BAYC!

Anisa Giovanny

14th February, 2024

Kepopuleran koleksi NFT Bored Ape Yacht Club nampaknya mulai tersaingi dengan koleksi NFT Pudgy Penguins. Hal ini terlihat dari semakin mendekatnya harga dasar atau harga terendah kedua proyek tersebut.

Pada hari Senin (11/2), harga dasar Bored Ape adalah US$57,469, sedangkan Pudgy Penguins adalah US$51,730, menurut data dari NFT Price Floor.

Gambar: Harga dasar NFT Pudgy Pinguins pada 11 Februari 2024. Sumber: NFT Price Floor.

Data dari peneliti yang menggunakan nama samaran NFTstats.eth di X menunjukkan bahwa setahun setengah yang lalu, harga dasar Bored Apes sekitar 100 kali lipat dari harga Pudgy Penguins.

Gambar: Perbandingan harga NFT Pudgy Penguins dan BAYC setahun lalu. Sumber: @NFTstats.eth.

Pudgy Penguins yang menyediakan koleksi NFT dari 8,888 token unik yang menggambarkan penguin gemuk menggemaskan telah menarik minat perdagangan yang lebih besar. NFT ini mencatatkan lebih dari 2.000 penjualan dalam sebulan terakhir, dibandingkan dengan 886 penjualan untuk NFT bergambar kera dari Bored Apes, menurut NFT Price Floor.

Baca juga: Peretas Kembalikan NFT Bored Ape, Terima Upah Empat Miliar Rupiah!

Strategi CEO Tingkatkan Pamor NFT Pudgy Penguins

Sementara itu, CEO Pudgy Penguins, Luca Netz, telah aktif dalam menciptakan jalur yang berbeda bagi Pudgies sebagai merek kekayaan intelektual yang lebih luas. Pertama melalui media sosial, kemudian melalui merchandise fisik yang diluncurkan melalui kerja sama dengan mitra besar seperti Walmart.

Strategi ini membuahkan hasil yang luar biasa. Setelah harga dasar turun di bawah 1 ETH pada pertengahan tahun 2022, Pudgy Penguins naik menjadi 5 ETH pada tahun lalu, koleksi ini kemudian mulai melonjak pada musim gugur lalu, nilainya meningkat empat kali lipat selama periode di mana pasar NFT masih lesu.

Baru-baru ini, Pudgy Penguins memberikan bocoran tentang gim Pudgy World, yang saat ini dijadwalkan untuk rilis pada Q1 2024. Gim ini akan menggunakan kekayaan intelektual NFT Pudgy dan tampaknya akan kompatibel dengan Apple Vision Pro.

Di sisi lain, Bored Ape Yacht Club, yang dimiliki oleh Yuga Labs, setelah mencapai harga dasar puncak 152 ETH pada bulan April 2022 (bernilai sekitar US$429,000 pada saat itu), BAYC telah kehilangan lebih dari 82% nilai ETH-nya, menurut NFT Price Floor. Sejak tahun 2022, koleksi tersebut gagal membalikkan penyusutan yang terus-menerus selama periode waktu apa pun.

Baca juga: Mengenal Bored Ape Yacht, Koleksi NFT Paling Berharga

Anisa Giovanny

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency