NFT Perlahan Bangkit Lagi, Volume Perdagangan Naik 32%

Anisa Giovanny

7th November, 2023

Pasar NFT kembali menunjukan tanda-tanda perbaikan dengan mengalami pertumbuhan volume transaksi 32% dari angka US$306 juta pada September menjadi US$405 juta pada Oktober.  

Menurut laporan DappRadar, dalam hal volume perdagangan NFT, Ethereum masih memimpin di tengah penurunan volume yang dialami oleh Polygon, Starkware, dan Flow dengan penurunan volume penjualan masing-masing sebesar 48%, 42%, dan 32%.

Gambar: Volume Trading NFT. Sumber: DappRadar

Solana patut menjadi perhatian karena mengalami kenaikan 15% di bulan Oktober. Di sisi lain ada pendatang baru zkSync Era yang meningkatkan volume perdagangan NFT sebanyak 88% menjadi US$12 juta dalam sebulan terakhir.

Seiring dengan meningkatnya aliran volume perdagangan NFT di bulan Oktober, floor price atau NFT termurah yang terdaftar di pasar sekunder untuk beberapa proyek PFP populer juga meningkat.

Misalnya, floor price NFT dari Bored Ape Yacht Club naik dari US$40,000 menjadi sekitar US$55,000 dalam ETH.

Baca juga: NFT Coca-Cola Hadir di Jaringan Base Coinbase!

Meskipun nilai perdagangan meningkat, jumlah keseluruhan NFT yang terjual pada bulan Oktober turun 5%, dari 3,58 juta pada bulan September menjadi 3,4 juta bulan lalu. Namun, penurunan tersebut tidak separah saat penjualan NFT turun 290.000 di bulan Agustus. 

Koleksi NFT Terlaris Oktober 2023

Laporan tersebut juga merilis daftar koleksi NFT terlaris sepanjang Oktober 2023.

Bored Ape Yacht Club (BAYC) milik Yuga Labs menempati peringkat pertama dengan peningkatan volume penjualan sebesar 53%, mencapai lebih dariUS$54 juta, di samping peningkatan jumlah pedagang unik sebesar 46%.

Namun, Mutant Ape Yacht Club (MAYC) mereka mengalami penurunan penjualan sebesar 11%. Gods Unchained tetap berada di urutan ketiga dalam koleksi NFT teratas dengan peningkatan volume 10% dan 19% lebih banyak pedagang. 

Captainz memimpin pertumbuhan relatif dengan lonjakan volume penjualan sebesar 140%. Keuntungan signifikan juga diraih oleh Pudgy Penguins dan CryptoPunks, dengan peningkatan masing-masing sebesar 63% dan 45%.

Sorare dan Azuki menghadapi penurunan terbesar. Winds of Yawanawa karya Refik Anadol memulai debutnya sebagai koleksi teratas ke-10 dengan volume US$7 juta.

Baca juga: 10 NFT Game Paling Cuan 2023

Penjualan NFT Juga Meningkat di Awal November

Sementara itu, pada pekan pertama November, platform analitik Nansen mencatat volume penjualan NFT telah mengalami peningkatan yang signifikan, mencapai 63,342 ETH pada pekan yang berakhir 6 November. Ini menandai peningkatan yang stabil dari 29,704 ETH pada pekan yang berakhir 9 Oktober. 

Pasar NFT Blur mengungguli yang lain dengan volume perdagangan 30 hari sebesar 161,433 ETH (sekitar US$305 juta), sementara OpenSea mengikuti dengan 52,307 ETH (sekitar US$100 juta).

Bored Ape Yacht Club (BAYC) memimpin koleksi NFT dalam volume perdagangan dengan 35,226 ETH (sekitar US$66,7 juta), diikuti oleh Mutant Ape Yacht Club (MAYC) dan The Captainz.

Selain itu, terjadi peningkatan sebesar 12% pada pedagang NFT selama tujuh hari terakhir, dengan jumlah pemegang NFT sekitar enam juta.

Anisa Giovanny

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency