Miner Bitcoin Menuai Biaya Transaksi US$184 Juta Selama Q2 2023

Anggita Hutami

6th July, 2023

Penambang Bitcoin berhasil mendapatkan US$184 juta hanya dari biaya transaksi pada kuartal kedua (Q2) tahun 2023, menurut laporan dari Coin Metrics (5/5).

Angka itu meningkat lebih dari 270% dari kuartal pertama (Q1) 2023 dan menjadi kuartal pertama di mana pendapatan dari biaya transaksi melewati angka US$100 juta sejak Q2 2021.

Melonjaknya pendapatan miner dari biaya transaksi ini disebabkan oleh beberapa faktor, termasuk kenaikan harga, BRC-20, hingga regulasi dan inflasi.

Gambar penambang Bitcoin mendapat lebih banyak dari biaya di Q2 daripada gabungan lima kuartal sebelumnya. Sumber: Coin Metrics.

Kenaikan Harga Bitcoin

Laporan Coin Metrics menyebutkan bahwa meningkatnya pendapatan dari sisi biaya transaksi disebabkan karena reli harga Bitcoin pada bulan April yang mencapai US$30.967.

Miner Bitcoin diketahui menerima biaya transaksi setiap kali blok baru divalidasi. Jumlah transaksi ditentukan oleh volume data dan permintaan pengguna untuk ruang blok.

Namun, biaya transaksi diketahui hanya menyumbang 7,7% dari total pendapatan sebesar US$2,4 miliar yang dihasilkan oleh para miner selama kuartal dua 2023.

Sementara itu, mayoritas pendapatan miner juga berasal dari hadiah blok Bitcoin. Saat ini, miner berhak mendapatkan hadiah sebesar 6,25 BTC untuk setiap blok yang berhasil mereka validasi di blockchain Bitcoin. Namun, saat halving Bitcoin terjadi pada 2024, hadiah tersebut akan berkurang menjadi 3,125 BTC.

BRC-20

Di samping reli harga Bitcoin, kemunculan standar token baru pada Bitcoin, yaitu BRC-20, juga mempercepat penskalaan Bitcoin dengan Lightning Network.

“Standar token membuka kasus penggunaan baru eksperimental untuk jenis transaksi inti Bitcoin, dan mempercepat dorongan untuk menskalakan Bitcoin dengan Lightning Network,” ungkap laporan Coin Metrics yang dirilis pada Rabu (5/7).

Bitcoin Lightning Network adalah protokol pembayaran yang beroperasi di layer kedua jaringan Blockchain Bitcoin. Lightning Network memungkinkan transaksi yang lebih cepat dan lebih murah dengan memindahkan sebagian besar aktivitas transaksi ke luar rantai utama Bitcoin.

Bitcoin Lightning Network memungkinkan miner Bitcoin melakukan validasi blok dalam jumlah yang banyak dan waktu yang cepat. Dengan begitu, semakin banyak keuntungan yang dihasilkan oleh miner Bitcoin.

Bitcoin Lightning Network memungkinkan penambang Bitcoin untuk memvalidasi banyak blok secara efisien dan cepat. Peningkatan ini membuat miner dapat menghasilkan keuntungan yang lebih besar lagi.

Kondisi Inflasi dan Aturan Pajak yang Menguntungkan

Menurut laporan Coin Metrics, penambang Bitcoin juga mendapatkan manfaat dari kondisi makroekonomi yang mulai membaik pada kuartal ini.

Pada bulan Mei, industri penambangan Bitcoin berhasil menghindari pengenalan pajak Digital Asset Mining Energy (DAME) yang diusulkan oleh Administrasi Biden.

Penurunan tekanan inflasi sebelumnya juga telah membuat harga listrik di Amerika Serikat lebih rendah sehingga biaya mining dapat sedikit ditekan.

Kendati demikian, tingkat hashrate Bitcoin pun terus meningkat dan mencapai rekor tertinggi dalam 12 bulan terakhir, di angka 75 EH/s, Karenanya persaingan miner untuk menghasilkan Bitcoin akan semakin sulit namun ini memiliki manfaat positif bagi blockchain Bitcoin yang menjadi semakin aman.

Anggita Hutami

Menekuni bidang jurnalistik sejak 2017. Fokus pada isu investasi keuangan, ekonomi, dan kebijakan publik.

Menekuni bidang jurnalistik sejak 2017. Fokus pada isu investasi keuangan, ekonomi, dan kebijakan publik.