MicroStrategy akan Jual Saham US$750 Juta untuk Beli Bitcoin

Anggita Hutami

2nd August, 2023

Perusahaan keuangan terkemuka, MicroStrategy, telah merilis laporan keuangan pada Selasa (1/8). Dalam dokumen, MicroStrategy mencantumkan laporan pembelian Bitcoin pada akhi Juli. Microstrategy juga berencana menjual sebagian sahamnya untuk menambah kepemilikan BTC di portofolionya.

Baca Juga: Microstrategy Borong 6.455 Bitcoin Senilai US$150 Juta!

Pembelian BTC MicroStrategy

Menurut Chief Finance Officer MicroStrategy, Andrew Kang, perusahaan saat ini memiliki kepemilikan sebanyak 152.800 BTC. Ia menyebutkan bahwa peningkatan portofolio Bitcoin saat ini merupakan yang terbesar dalam dua tahun terakhir.

“Kepemilikan Bitcoin kami meningkat menjadi 152.800 BTC per 31 Juli 2023, dengan penambahan pada kuartal kedua sebanyak 12.333 BTC, menjadi peningkatan terbesar dalam satu kuartal sejak Q2 2021,” kata CFO MicroStrategy Andrew Kang.

MicroStrategy telah mengeluarkan dana sebesar US$4,53 miliar (Rp68,7 triliun) dalam pembelian Bitcoin terbarunya. Mereka membeli Bitcoin dengan harga rata-rata sebesar US$29.672.

Andrew mengatakan bahwa MicroStrategy mengumpulkan modal untuk meningkatkan portofolio Bitcoin melalui program ekuitas at-the-market dan menggunakan uang operasional.

“Kami melakukannya dengan [pemeriksaan] latar belakang yang menjanjikan dari meningkatnya minat institusional, kemajuan dalam transparansi akuntansi, dan kejelasan peraturan yang terus berlanjut untuk Bitcoin,” kata Chief Financial Officer MicroStrategy, Andrew Kang.

Rencana Penjualan Saham MicroStrategy

Dalam dokumen terpisah yang diajukan kepada SEC AS pada Selasa (1/8), MicroStrategy mengungkapkan rencananya untuk menjual saham hingga US$750 juta. Dana dari penjualan saham tersebut akan digunakan untuk menambah muatan Bitcoin serta tujuan perusahaan lainnya.

Harga saham MicroStrategy telah mengalami kenaikan yang signifikan menurut data dari Google Finance, dimulai dari US$145,02 per saham pada 3 Januari 2023, dan meningkat hampir 200% menjadi US$434,98 pada Rabu (2/8)

Analis dari perusahaan investasi, Berenberg Capital, mempublikasikan pandangan optimis terhadap keputusan Microstrategy, sebab menurutnya harga BTC yang naik di masa depan bisa mendorong kenaikan harga saham perusahaan itu.

Baca Juga: Microstrategy Tawarkan Bitcoin dalam Tabungan Pensiun Karyawan

Anggita Hutami

Menekuni bidang jurnalistik sejak 2017. Fokus pada isu investasi keuangan, ekonomi, dan kebijakan publik.

Menekuni bidang jurnalistik sejak 2017. Fokus pada isu investasi keuangan, ekonomi, dan kebijakan publik.