Mastercard Gandeng Ripple dan Consensys Kembangkan CBDC!

Anggita Hutami

18th August, 2023

Penyedia jasa pembayaran global, Mastercard, membuka program kerja sama dengan sejumlah perusahaan kripto dan blockchain terkait mata uang digital bank sentral (CBDC).

Baca Juga: Bentuk Kartu Pembayaran NFT, Mastercard Kerja Sama dengan SAND dan MoonPay

Mastercard baru-baru ini meluncurkan program kemitraan CBDC untuk mendorong kolaborasi pada uang berbasis blockchain. Mitra awalnya termasuk Ripple, ConsenSys, Fluency, Idemia, Consult Hyperion, Giesecke+Devrient, dan Fireblocks.

Kepala Aset Digital dan Blockchain Mastercard, Raj Dhamodharan, mengatakan program ini bertujuan untuk membawa pemahaman yang lebih besar terkait manfaat dan keterbatasan CBDC.

Melalui kerja sama ini, setiap platform diharapkan dalat saling berkontribusi mengatasi kendala dalam pengembangan mata uang digital. Upaya kolaboratif ini diharapkan akan meningkatkan efektivitas CBDC.

“Perusahaan mengumpulkan entitas yang mengusung teknologi blockchain serta penyedia layanan pembayaran untuk mendorong kolaborasi dengan pemain kunci sehingga mereka bisa mendorong inovasi dan efisiensi,” jelas Raj Dhamodharan dalam keterangan resmi.

Kontribusi Mastercard dalam pengembangan CBDC patut diacungi jempol. Mastercard telah terlibat dalam berbagai proyek mata uang digital dengan sejumlah perusahaan kripto. Pada bulan Juni, Mastercard bergabung dalam konsorsium untuk uji coba CBDC Brasil.

Baca Juga: Mastercard Tingkatkan Anonimitas Transaksi Blockchain

Anggita Hutami

Menekuni bidang jurnalistik sejak 2017. Fokus pada isu investasi keuangan, ekonomi, dan kebijakan publik.

Menekuni bidang jurnalistik sejak 2017. Fokus pada isu investasi keuangan, ekonomi, dan kebijakan publik.