Koin Meme Bonk Naik Ribuan Persen, Ekosistem Solana Mulai Pulih?

Anggita Hutami

4th January, 2023

Koin Meme BONK yang berada di jaringan Solana, saat ini sedang menjadi pembicaraan di kalangan komunitas kripto. Sejak listing pertama kali di Huobi pada 3 Januari 2022, harga Bonk telah naik lebih dari 2.000%. Saat artikel ini dirilis harga Bonk berada di level $0.000001522 setara dengan Rp0.02376. Selain di Huobi, Bonk juga tersedia di Magic Eden, marketplace NFT di Solana.

Harga Bonk/USDD di Huobi. Sumber: TradingView

Menurut data dari CoinMarketCap, pada Rabu, 4 Desember pukul 12.31 WIB, BONK naik 67,08% dalam 24 jam. Volume perdagangan di bursa terdesentralisasi pun sudah lebih dari $21 juta, naik 910% hari ini.

Bonk Berikan Pengaruh pada Solana?

Menurut one-pager resminya, BONK adalah memecoin bertema Anjing pertama di Solana yang memiliki moto “for the people, by the people.”

Token Bonk telah mengirimkan 50 persen pasokan tokennya sebagai airdrop kepada komunitas Solana. Melihat fenomena ini, banyak komunitas mempertanyakan potensi BONK menyelamatkan ekosistem Solana di tahun 2023, sebab ekosistem Solana sendiri cukup terdampak dari runtuhnya FTX. Terlebih lagi Alameda Research merupakan salah satu pemegang Sol terbesar.

Berdasarkan data dari Coinmarketcap, harga Sol meroket hingga 28,62% sepekan ini dan naik 16.16% dalam 24 jam terakhir. Sebelumnya, Solana terjun bebas ke level $8 untuk pertama kalinya sejak ATH pada November 2021 di $260.

Dalam situs webnya, BONK menyatakan para kontributor BONK sudah bosan dengan tokenomik ‘Alameda’ yang ‘toxic’, saat ini mereka lebih ingin membuat koin meme yang menyenangkan dan setiap orang memiliki kesempatan yang adil.   

Proyek Bonk juga bertujuan untuk mengembalikan likuiditas ke ekosistem Solana setelah jatuhnya FTX. Menurut data dari DefiLlama, Total Value Locked (TVL) melemah hampir 80% sejak 6 November 2022. Ekosistem Solana memiliki TVL sebesar $1 miliar, tetapi karena kejatuhan FTX, saat ini nilainya hanya sekitar $200 juta.

Komunitas Solana merasa bahwa BONK adalah penyelamat bagi Solana. Namun, tetap perlu diperhatikan ada risiko di setiap token yang baru terbit, perlu ada lebih banyak latar belakang tentang proyek maupun timnya. Investor harus melakukan riset sendiri sebelum menempatkan uang mereka di pasar yang sangat fluktuatif ini.

Anggita Hutami

Menekuni bidang jurnalistik sejak 2017. Fokus pada isu investasi keuangan, ekonomi, dan kebijakan publik.

Menekuni bidang jurnalistik sejak 2017. Fokus pada isu investasi keuangan, ekonomi, dan kebijakan publik.