Dikira Kaya Mendadak dari Kripto, Pasangan Ini Justru Kena Pidana!

Anggita Hutami

26th September, 2023

Pasangan asal Melbourne, Australia, mengira mereka kaya mendadak dari kripto setelah ditransfer uang sebesar 10,5 juta AUD. Namun transfer itu justru membuat mereka dipidana. Apa yang terjadi?


Semua ini bermula pada bulan Mei 2021, Thevamanogari Manivel melakukan transfer uang ke rekening Crypto.com milik pasangannya, Jatinder Singh. Namun, exchange kripto tersebut menemukan ketidakcocokan antara rekening bank dan rekening exchange.

Alhasil, uang dikembalikan, tetapi bukannya mengembalikan 100 AUD yang dikirim oleh Manivel pada awalnya. Crypto.com justru mengirim 10,5 juta AUD ke rekening bank Manivel.

Kesalahan ini tidak terdeteksi sampai bulan Desember 2021, ketika exchange kripto tersebut melakukan audit tahunan. Setelah exchange mengajukan gugatan di Mahkamah Agung Victoria, hakim memutuskan bahwa dana itu harus dikembalikan ke platform Crypto.com. Namun, pasangan tersebut diduga telah menghabiskan sebagian besar uang sebelum exchange itu menemukan kesalahan.

Baca juga: Bursa Kripto Crypto.com Salah Transfer 320 Ribu ETH!

Habiskan Uang untuk Beli Properti

Pasangan itu diketahui telah menghabiskan uang jutaan dolar itu untuk membeli empat rumah, kendaraan, dan barang-barang lainnya, serta mengirim sekitar 4 juta dolar Australia ke rekening bank Malaysia.

Salah satu rumah yang dibeli berharga 1,35 juta dolar Australia di Craigieburn. Rumah ini harus dijual untuk pengembalian dana menurut perintah pengadilan.

Pada bulan Oktober 2022, pasangan tersebut mengklaim di pengadilan bahwa mereka mengira uang tersebut adalah hadiah dari Crypto.com, karena Singh mengklaim sebelumnya telah menerima pemberitahuan dari exchange mengenai kompetisi.

Namun, petugas kepatuhan dari Crypto.com, Michi Chan Fores, membantah bahwa ada kompetisi semacam itu. Fores mencatat bahwa pertukaran tersebut tidak mengirimkan pemberitahuan seperti itu kepada penggunanya.

Manivel, pun dituduh melakukan pencurian dan ia sudah mengaku bersalah karena telah dengan sembrono menggunakan uang tersebut pada bulan September 2023.

Manivel dijatuhi hukuman selama 18 bulan, termasuk enam bulan wajib lapor dan pekerjaan komunitas yang tidak dibayar setelah dia menghabiskan 209 hari dalam tahanan. Sementara itu, Singh akan menghadapi sidang pembelaan pada tanggal 23 Oktober mendatang.

Baca Juga: 5 Hal yang Harus Diperhatikan Agar Transaksi Crypto Tidak Gagal

Anggita Hutami

Menekuni bidang jurnalistik sejak 2017. Fokus pada isu investasi keuangan, ekonomi, dan kebijakan publik.

Menekuni bidang jurnalistik sejak 2017. Fokus pada isu investasi keuangan, ekonomi, dan kebijakan publik.