Kapitalisasi BUSD Anjlok ke Angka Rp148 Miliar

Anggita Hutami

3rd March, 2023

Data Coinmarketcap Jumat (3/3) pukul 17.32 WIB menunjukkan, kapitalisasi pasar Binance USD (BUSD) telah turun drastis untuk pertama kalinya dalam dua tahun terakhir, menjadi US$9,6 miliar setara dengan Rp148 miliar.

Dalam tiga pekan terakhir, kapitalisasi pasar BUSD anjlok telah turun sekitar US$6,4 miliar atau setara dengan Rp98 triliun.

Pada 15 November 2022, kapitalisasi pasar BUSD sempat menyentuh angka tertinggi ke US$23,49 miliar, yang dicapai pada 15 November, hanya beberapa hari setelah kejatuhan FTX.

Kapitalisasi pasar BUSD. Sumber: Coinmarketcap.

Penurunan ini terjadi di tengah tekanan regulator Amerika Serikat terhadap penerbit stablecoin BUSD, Paxos. Akibat kasus ini, stablecoin BUSD berhenti beroperasi dan dibekukan dari sejumlah pertukaran besar.

Pada 12 Februari 2023, Security Exchange Comission (SEC) Amerika Serikat mengajukan somasi gugatan terhadap Paxos terkait BUSD atas dugaan pelanggaran undang-undang perlindungan investor. Sejak itu, kapitalisasi pasar BUSD telah berkurang sebanyak US$6,65 miliar.

Baca Juga: SEC Akan Gugat Paxos Soal Binance USD (BUSD), Terpantau Ada Penarikan Besar!

Coinbase dan Aave Akan Membekukan BUSD

Platform pertukaran kripto Coinbase baru-baru ini mengumumkan rencananya untuk menghapus BUSD dari listing token yang tersedia, ini akan dilakukan mulai 13 Maret 2023.

Dilansir dari Cointelegraph, juru bicara Coinbase mengatakan bahwa keputusan tersebut karena BUSD tidak lagi memenuhi standard listing Coinbase.

Selain Coinbase, pada Selasa (14/2), platform Aave juga dilaporkan sedang mempertimbangkan untuk membekukan cadangan BUSD terkait hal yang sama.

Baca Juga: Coinbase Akan Menangguhkan Perdagangan BUSD Mulai Maret!

Kapitalisasi USDT Menguat

Berdasarkan data Coinmarketcap (3/3), kapitalisasi pasar USDT saat ini berada pada level US$71,125 miliar. Terjadi peningkatan 0,08% dalam 24 jam terakhir.

Dominasi USDT juga bertambah menjadi 6,92% secara keseluruhan. Sementara itu, kapitalisasi USDC meningkat 1,28% menjadi US$43,17 miliar, dengan dominasi pasar sebesar 4,20%.

Baca Juga: BUSD Dibekukan, Kapitalisasi Pasar USDT Menguat!

Anggita Hutami

Menekuni bidang jurnalistik sejak 2017. Fokus pada isu investasi keuangan, ekonomi, dan kebijakan publik.

Menekuni bidang jurnalistik sejak 2017. Fokus pada isu investasi keuangan, ekonomi, dan kebijakan publik.