Industri Gim Blockchain Diproyeksi Naik 300% di 2030, Ini Katalisnya!

Anisa Giovanny

18th December, 2023

Pada 2022 pasar gim blockchain global bernilai US$128,62 miliar. Angka ini diprediksi akan melonjak lebih dari 300% pada 2030 menurut laporan dari Fortune Business Insights.

Fortune melaporkan pasar gim blockchain global, diproyeksikan akan melonjak ke angka US$614,91 miliar pada tahun 2030, dengan pertumbuhan CAGR sebesar 21,8% dari tahun 2023 hingga 2030.

Baca juga: Apa itu GameFi? Main Gim Bikin Cuan

Dalam laporan tersebut, Fortune juga mengungkapkan sepanjang 2022 Amerika Utara mendominasi sektor ini dengan menyumbang lebih dari US$30 miliar pada tahun 2022 (24%) dan diprediksi masih akan terus mendominasi.

Gambar: Nilai pasar blockchain gaming di Amerika Selatan. Sumber: Fortune Business Insights.

Laporan juga menyebutkan Role-Playing Games (RPG) memimpin pertumbuhan, menguasai lebih dari 33% pasar pada tahun 2022, menunjukkan kemampuan beradaptasi terhadap teknologi blockchain. 

Baca juga: 10 NFT Gim Paling Cuan 2023

Faktor Pertumbuhan Gim Blockchain 2030

Selanjutnya, berdasarkan laporan Fortunes ada beberapa katalis yang dapat menyebabkan lonjakan nilai pasar gim blockchain. Berikut ini daftarnya. 

Meningkatnya Permintaan NFT dan Kripto

Integrasi teknologi blockchain dan Non-Fungible Token (NFT) telah mengubah industri gim. NFT menjadi populer untuk memonetisasi konten digital, menawarkan cara baru kepada gamer untuk mengumpulkan dan memperdagangkan item dalam gim untuk menghasilkan pendapatan. Tren ini diperkirakan akan terus berlanjut dan meluas, sehingga mendorong pertumbuhan pasar.

Permintaan yang Meningkat untuk Gim Terdesentralisasi

Gim terdesentralisasi, yang didukung oleh teknologi blockchain, mengubah cara gamer berinteraksi dengan dunia virtual. Ini menawarkan manfaat seperti kepemilikan aset dalam gim peningkatan transparansi, dan peningkatan keamanan. Pergeseran menuju permainan terdesentralisasi diperkirakan akan menjadi faktor penting dalam pertumbuhan pasar.

Dampak Pandemi COVID-19

Pandemi ini menyebabkan peningkatan aktivitas gim online, yang berdampak positif pada pasar gim blockchain. Penguncian dan pembatasan sosial mendorong lebih banyak orang beralih ke platform gim virtual, termasuk yang berbasis blockchain, sehingga menyebabkan lonjakan penggunaan dan minat.

Kemajuan dan Inovasi Teknologi

Inovasi berkelanjutan dalam teknologi blockchain dan platform gim adalah pendorong lainnya. Mekanisme gameplay baru dan metode transaksi yang aman dan transparan menarik lebih banyak pengembang dan pemain ke sektor gim blockchain.

Ekspansi Pasar dan Investasi

Pasar juga didorong oleh peningkatan investasi dan perluasan penawaran produk oleh para pemain industri utama. Perusahaan fokus memperkenalkan pengalaman bermain gim baru dan konsep kepemilikan digital untuk menarik khalayak yang lebih luas.


Kendati memiliki proyeksi menguntungkan di 2030, industri gim blockchain masih menghadapi sejumlah tantangan yang harus diselesaikan, misalnya perihal tingkat kegagalan yang tinggi di antara permainan-permainan blockchain.

Sebuah studi dari CoinGecko mengungkapkan bahwa lebih dari 75% gim blockchain yang diluncurkan antara tahun 2018 dan 2023 mengalami kegagalan.  Hal ini semakin menekankan pentingnya kebutuhan akan inovasi dan adaptasi yang berkelanjutan untuk membuat industri ini terus bertumbuh.

Baca juga: Proyek GameFi Mati 70% di Tahun 2023

Anisa Giovanny

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency