Analis Temukan Hubungan Antara Bot Twitter dengan Kenaikan Altcoin

Anggita Hutami

4th August, 2023

Laporan Network Contagion Research Institute (NCRI) menyebutkan bahwa beberapa tokoh publik dan bot Twitter memiliki peran yang besar dalam mempengaruhi kenaikan harga altcoin.

Analis NCRI melakukan pengamatan terhadap 18 altcoin yang terdaftar di FTX dan 3 juta twit yang di-posting dari 1 Januari 2019 hingga 27 Januari 2023.

Hubungan Bot Twitter dengan Kenaikan Harga Altcoin

Dari hasil pengamatan, analis menemukan adanya korelasi antara aktivitas bot Twitter dengan kenaikan sejumlah aset kripto seperti The Sandbox (PASIR), Gala (GALA), Gods Unchained (GODS), dan LooksRare (LOOKS).

Hasil pengamatan analis juga menemukan adanya peningkatan jumlah twit dari akun bot setiapkali FTX memposting tentang token di media sosial.

“Hal ini menandakan bahwa jaringan tidak autentik berhasil dan dengan sengaja digunakan untuk mempengaruhi perubahan harga koin di FTX,” ungkap laporan NCRI.

Hasil pengamatan ini membuat analis mempertanyakan apakah FTX atau Alameda terlibat dalam bot Twitter yang terkoordinasi di media sosial untuk meningkatkan nilai pasar secara terencana.

Baca Juga: Survei Chainplay: Mayoritas Investor Sebut Meme Coin Penipuan dan Perjudian

Pengaruh Tweet Elon Musk Terhadap Token PEPE dan PSYOP

Analis NCRI juga mengamati pergerakan akun-akun bot di Twitter dan twit kripto dari Elon Musk pada dua meme coin terbaru, yaitu Pepe dan PSYOP. Hasilnya menunjukkan bahwa harga kedua kripto tersebut telah dipengaruhi oleh kedua faktor tersebut.

NCRI menemukan adanya lonjakan akun bot Twitter yang baru dibuat sebelum peluncuran kripto Pepe, yang kemudian terus melakukan tweet tentang salah satu dari dua koin tersebut.

Pepe Coin dan PSYOP menggunakan meme sebagai bagian dari strategi pemasaran mereka dan juga mendapatkan dukungan dari dua tweet oleh Elon Musk yang tampaknya memberikan sinyal positif untuk masing-masing token. Tweet Musk pada tanggal 13 Mei berisi meme Pepe menyebabkan harga token tersebut melonjak lebih dari 50% dalam waktu 24 jam.

Baca Juga: Elon Musk Ubah Logo Twitter, Harga Token X Meroket 2.800%

Fenomena ini juga pernah terjadi pada pasar saham dan sekuritas lainnya. Analis menyoroti “saham meme” seperti GameStop dan AMC, yang pernqh meramaikan media sosial pada tahun 2022.

Baca Juga: 7 Meme Coin Paling Populer 2023

Anggita Hutami

Menekuni bidang jurnalistik sejak 2017. Fokus pada isu investasi keuangan, ekonomi, dan kebijakan publik.

Menekuni bidang jurnalistik sejak 2017. Fokus pada isu investasi keuangan, ekonomi, dan kebijakan publik.