Harga XRP Mulai Melandai, Begini Potensi Harga Selanjutnya

Anggita Hutami

8th August, 2023

Sebelum Ripple menang parsial melawan Komisi Sekuritas dan Bursa (SEC) AS (13/7/2023), XRP diperdagangkan di kisaran US$0,474. Ketika XRP dinyatakan bukan sekuritas, aset kripto dari Ripple itu mengalami kenaikan 95% ke angka US$0,927. Namun, saat ini harga XRP telah kembali melandai di kisaran US$0,615 per Selasa (8/8) sore.

Baca juga: XRP Dinyatakan Bukan Sekuritas, Harga Aset Naik 95%

Penurunan ini menjadi salah satu gambaran bahwa euforia terhadap XRP mulai menurun usai persidangan tersebut.

Ada berbagai faktor yang menyebabkan penurunan ini, salah satunya karena para investor XRP keluar dari pasar setelah mendapatkan keuntungan signifikan dari XRP yang naik tersebut.

Di sisi lain meski antusiasme soal kemenangan parsial itu mulai mereda dan harga XRP melandai. Aset kripto itu tak langsung ditinggal seluruh investornya. Berdasarkan laporan dari CoinShares, XRP mendapatkan arus masuk sekitar US$0,5 juta dalam sepekan terakhir

Pergerakan Harga XRP Selanjutnya

Pada 8 Agustus 2023 pukul 17.00 WIB harga XRP adalah US$0,615. Perlu diperhatikan bahwa harga ini hampir menyentuh support di US$0,6 dan secara kebetulan indikator SMA 50 juga menjadi support dinamis di level harga yang sama yakni US$0,6. Bisa dikatakan ini level harga yang penting untuk pergerakan harga XRP selanjutnya.

Gambar anlisis teknikal harga XRP. Sumber: TradingView.

Breakout support kemungkinan besar akan membawa harga XRP jatuh hingga ke harga US$0,54. Sementara jika XRP rebound pada level support ini, maka XRP dapat menuju US$0,72 atau bahkan mengklaim resistensi US$0,873 jika ada sentimen positif yang kuat.

Baca juga: SEC Isyaratkan Banding Terkait Putusan Hakim Soal XRP 

Pandangan John Deaton Mengenai Harga XRP Usai Hasil Persidangan

Pengacara investor XRP, John Deaton baru-baru ini mengungkapkan pandangannya terkait prospek harga XRP pada Sabtu (5/8). Dia berpendapat harga XRP tidak akan mencapai puncaknya dalam waktu dekat ini. Namun, dia memperkirakan harga akan melampaui level resistensi US$1.

John melihat pergerakan harga XRP sangat berkaitan dengan sentimen terhadap Bitcoin. Sementara itu, pandangan investor terhadap Bitcoin (BTC) saat ini berada pada level netral. Laporan dari CoinShares mengungkapkan adanya peningkatan arus keluar BTC yang mencapai US$111 juta, tertinggi sejak Maret 2023.

Meskipun bukan seorang analis pasar, John meyakini harga XRP tidak akan bergerak signifikan kecuali BTC menguji ulang level tertingginya sepanjang masa. XRP terakhir kali mencapai harga all time high (ATH) US$3,84 pada 2018.

Baca Juga: SEC Isyaratkan Banding Terkait Putusan Hakim Soal XRP 

Anggita Hutami

Menekuni bidang jurnalistik sejak 2017. Fokus pada isu investasi keuangan, ekonomi, dan kebijakan publik.

Menekuni bidang jurnalistik sejak 2017. Fokus pada isu investasi keuangan, ekonomi, dan kebijakan publik.